PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS POP-UP BOOK

  • Muh Syihab Ikbal Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rafiqah Rafiqah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ulfah Khuzaimah UIN Alauddin
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Pop-Up Book yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, dengan pendekatan model 4-D. Tahapan pengembangan terdiri tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi terbatas. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang validator dan 21 orang peserta didikĀ  kelas VIII MTsN 1 Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan tahun ajaran 2018/ 2019. Penentuan kriteria kevalidan menggunakan uji indek Aiken V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria kevalidan komponen penyajian modul, kelayakan isi dan kebahasaan modul telah memenuhi kriteria validitas tinggi dengan indeks V = 1, sehingga secara keseluruhan disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Pop-Up Book telah memenuhi kriteria valid dengan kategori validitas tinggi. Tingkat kepraktisan modul menunjukkan bahwa 57% dari jumlah keseluruhan peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap modul dan 67% peserta didik sangat aktif saat menggunakan modul, sehingga modul yang dikembangkan dinyatakan praktis. Tingkat keefektifan modul menunjukkan bahwa 76,19% dari jumlah peserta didik memiliki nilai hasil belajar lebih tinggi dari nilai KKM = 75 setelah menggunakan modul, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul telah memenuhi kriteria efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, I., Pujiastuti, A.U. 2017. Pengembangan Pop-up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tuna Rungu Kelas IV di Sekolah Dasar Inklusi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat II, Tuban, 2, 157-162.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Fibriani, L., Damris, M. & Risnita. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Kesetimbangan Kimia SMA. Edu-Sains, 3(1):1-5. 2014.

Hidayat, A., Suyatna, A., Suana, W. 2017. Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Materi Fisika Kuantum Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, vol 5 (2), pp. 87-101.

Martiningdyah, W.D. 2017. Penerapan Metode The Learning Cell Berbantu Media Pop-Up Story Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Candi 01 Semarang. Elementary School Journal, vol. 7 (1), pp. 93-98.

Ningtiyas, T.W., Setyosari, P., Praherdiono, Henry. 2019. Pengembangan Media Pop-up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol 2 (2), pp. 115-120.

Permana, E.P., Sari, Y.E.P. 2018. Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, vol. 2 (1), pp. 8-14.

Raesita, M., Robandi, B., Rengganis, I. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pop-up Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol 4 (1), pp. 114-124.

Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reliabilitas Dan Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Safri, M., Sari, S.A., Marlina. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 5 (1), pp. 107-113.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiarti, L., Handayani, D.E. 2017. Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-up dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 4 (1), pp. 109-118.

Triana, W.A., Khotimah, N. 2018. Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop-up terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A di TK Islam Al Karomah Wiyung Surabaya. PAUD Teratai, vol 8 (1), pp. 1-6.

Published
2020-03-24
How to Cite
Ikbal, M. S., Rafiqah, R., & Khuzaimah, A. U. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS POP-UP BOOK. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 53-60. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i1.12522
Section
Articles
Abstract viewed = 771 times