Evaluasi Pemanfaatan Laboratorium Fisika Pasca Pelaksanaan Program Aklam Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar
Abstrak
Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran penataan tata kelolah laboratorium sekolah pasca aplikasi kerja laboratorium mahasiswa (AKLAM) program studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar di wilayah Gowa dan Jeneponto; 2) Untuk mengetahui gambaran pemanfaatan laboratorium sekolah pasca aplikasi kerja laboratorium mahasiswa (AKLAM) program studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar di wilayah Gowa dan Jeneponto; 3)Untuk mengetahui kontribusi apa yang telah diperoleh sekolah setelah pelaksanaan Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (AKLAM) program studi pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar di wilayah Gowa dan Jeneponto. Metode penelitian ini adalah Mixed Methods dengan meggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis yang diperoleh yaitu: 1) untuk tata kelola pasca AKLAM berada pada kategori sesuai dan cukup sesuai dengan standarisasi laboratorium sekolah; 2) untuk pemanfaatan laboratorium pasca AKLAM yaitu pemanfaatan laboratorium sebagai tempat praktikum masih tetap dipertahankan; 3) untuk kontribusi yang diperoleh masing-masing pihak sekolah pasca AKLAM semuanya hampir sama termasuk pembenahan laboratorium dan pembimbingan peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
A. U. Dani and N. Fajriati, “Application of Flipped Classroom Learning Model Based on Task Exo Olo Using Story Articulate Media,” AL-ISHLAH J. Pendidik., vol. 14, no. 2, pp. 2507–2512, 2022.
Cross, A. (1973). Home Economics Evaluation. Columbus: Charles, E. Merrill Publishing Company.
Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83–92.
Islam, K. U. A. (1990). Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Asy-Syarif.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Sieregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono, M. (2014). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D cet. Ke-19, Bandung: Alfabeta.
Sukardi, H. M. (2008). Evaluasi pendidikan prinsip dan operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suhardiman, Muh. Syihab Ikbal, Mukti Ali, and Ulfia Annamira, “Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (Aklam) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) School Gowa Kab. Gowa”, KJPM, vol. 3, no. 1, pp. 52-58, Jan. 2023.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##