ANALISIS KUALITAS SOAL THREE TIER TEST MENGGUNAKAN TEORI RESPON BUTIR KLASIK

QUALITY ANALYSIS OF THREE TIER TEST QUESTIONS FINAL SEMESTER EXAMS OF BASIC PHYSICS COURSES USING CLASSICAL ITEM RESPONSE THEORY

  • anas irwan
    (ID)
  • Ahmat Purwadi Saleh Kerans UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kualitas Soal; Three Tier Test; Pemahaman Konsep; Miskonsepsi

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas soal three tier test ujian akhir semester mata kuliah Fisika Dasar 1 menggunakan teori respon butir klasik pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah mix methode dengan desain penelitian multiphase design. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji validitas isi yang dilakukan dengan uji Gregory menunjukan tingkat validnya sebesar 0,9 dan uji validitas konstruk diperoleh 28 butir yang valid dan 12 butir yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach diperoleh 0,6045 (cukup reliabel). Dari hasil analisis kualitas soal diperoleh sebanyak 11 butir baik, sebanyak 20 butir cukup dan sebanyak 9  butir tidak baik. Impilkasi dari pelitian ini adalah soal yang mempunyai kualitas baik dan cukup baik dapat dijadikan sebagai bank soal, sedangkan butir soal yang tidak baik sebaiknya dilakukan revisi

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Gava Media.
Arifin Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Arifin%2C+Zainal%2C++2013%2C+Evaluasi+Pembelajaran%2C+Remaja+Rosdakarya%2C+Bandung.&btnG=#d=gs_cit&t=1659797664052&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AkWL7UC62ITEJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26sci
Arslan, H. O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A three-tier diagnostic test to assess pre-service teachers’ misconceptions about global warming, greenhouse effect, ozone layer depletion, and acid rain. International Journal of Science Education, 34(11), 1667–1686.
Bunawan, W. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat Untuk Mengakses Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika. EDUSAINS, 6(2), 137–144.
Caleon, I., & Subramaniam, R. (2010). Development and application of a three‐tier diagnostic test to assess secondary students’ understanding of waves. International Journal of Science Education, 32(7), 939–961.
Creswell, J. W. (2012). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed, Pustaka Pelajar. Yokyakarta.
Djanuarsih, E. (2012). Validitas dan reliabilitas butir soal. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 1(1), 1–12.
Embretson, S. E., & Reise, P. E. (2000). Item response theory for psychologists. Mahwah (NJ): Lawrence Earlbaum Associates. Inc.[Google Scholar].
Irwan, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Praktikum Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 5–8.
Maulini, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2016). The Three Tier-Test untuk Mengungkap Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Gaya Pegas. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 42–44.
Natalia, D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Diagnosis Konsep IPA Fisika. Momentum: Physics Education Journal, 103–110.
Peşman, H., & Eryılmaz, A. (2010). Development of a three-tier test to assess misconceptions about simple electric circuits. The Journal of Educational Research, 103(3), 208–222.
Popham, W. J. (2010). Everything school leaders need to know about assessment. Corwin Press.
Prawira, W. Y. (2018). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Konsep Kinematika Partikel
Diterbitkan
2022-08-24
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 246 times