PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS DENGAN MODEL PENALARAN KAUSAL UNTUK MEMECAHKAN MASALAH

  • Satriani Muslimin
    (ID)
  • Rafiqah Rafiqah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh Syihab Ikbal Ikbal UIN Alauddin Makassar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang bertujuan mengetahui proses pengembangan LKPD dan kevalidan serta reabilitas, kefektifan LKPD Berbasis Etnosains dengan Model Penalaran Kausal terhadap hasil belajar peserta didik. Lokasi penelitian di SMPN 1 Pangkajene Kab. Pangkep kelas VIII D yang berjumlah 35 peserta didik semester ganjil 2016/2017. Komponen LKPD yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah isi LKPD. Model Pengembangan LKPD yang digunakan adalah mengacu pada model 4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi aspek-aspek LKPD, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar.Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif  yang berkaitan dengan menggunakan analisis validasi, realibilitas dan keefektifan LKPD diperoleh tingkat kevalidan dan realibilitas dengan nilai 0,7 dan 0,89 dapat dikatakan valid dan reliabel. Sedangkan tingkat kefektifan LKPD dapat dikatakan efektif karena thitung > ttabel nilai 5,20 > 2,02 dapat meningkatkan dan memecahkan masalah pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djanji, Purwanto, 2014, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Gaya Media, Yogyakarta.

Kumaidi, 2014. Pengantar Metode Statistik: Teori dan Terapanny dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Psikologi. Eduvision, Cirebon.

Misbahuddin, 2013. Data Penelitian dengan Statistik edisi Kedua, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Retnawati, Heri. Validitas reliabilitas dan karakteristik butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian), 2016, Parama Publishing, Yogyakarta.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Cet. V; Jakarta: Kencana.

Utami, Anisa, 2015, Pengembangan Modul Pembelajaran Sanitasi, Hygiene Dan Keselamatan Kerja Di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 3 Wonosari, skripsi, UNY, Yogyakarta.

Widyoko, Eko Putro, 2012. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar. Jakarta.

Published
2018-03-01
How to Cite
Muslimin, S., Rafiqah, R., & Ikbal, M. S. I. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS DENGAN MODEL PENALARAN KAUSAL UNTUK MEMECAHKAN MASALAH. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 8-18. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.3240
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 846 times