PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS DENGAN MODEL PENALARAN KAUSAL UNTUK MEMECAHKAN MASALAH
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang bertujuan mengetahui proses pengembangan LKPD dan kevalidan serta reabilitas, kefektifan LKPD Berbasis Etnosains dengan Model Penalaran Kausal terhadap hasil belajar peserta didik. Lokasi penelitian di SMPN 1 Pangkajene Kab. Pangkep kelas VIII D yang berjumlah 35 peserta didik semester ganjil 2016/2017. Komponen LKPD yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah isi LKPD. Model Pengembangan LKPD yang digunakan adalah mengacu pada model 4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi aspek-aspek LKPD, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar.Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif yang berkaitan dengan menggunakan analisis validasi, realibilitas dan keefektifan LKPD diperoleh tingkat kevalidan dan realibilitas dengan nilai 0,7 dan 0,89 dapat dikatakan valid dan reliabel. Sedangkan tingkat kefektifan LKPD dapat dikatakan efektif karena thitung > ttabel nilai 5,20 > 2,02 dapat meningkatkan dan memecahkan masalah pada peserta didik.Downloads
References
Djanji, Purwanto, 2014, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Gaya Media, Yogyakarta.
Kumaidi, 2014. Pengantar Metode Statistik: Teori dan Terapanny dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Psikologi. Eduvision, Cirebon.
Misbahuddin, 2013. Data Penelitian dengan Statistik edisi Kedua, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Retnawati, Heri. Validitas reliabilitas dan karakteristik butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian), 2016, Parama Publishing, Yogyakarta.
Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Cet. V; Jakarta: Kencana.
Utami, Anisa, 2015, Pengembangan Modul Pembelajaran Sanitasi, Hygiene Dan Keselamatan Kerja Di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 3 Wonosari, skripsi, UNY, Yogyakarta.
Widyoko, Eko Putro, 2012. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar. Jakarta.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.