PENGARUH LEARNING CYCLE BERBASIS METODE KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

  • Rafiqah Rafiqah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Amin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh Wayong UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) berbasis metode konflik. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu one group pretest posttest desain. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes pemahaman konsep peserta didik yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil posttest pemahaman konsep peserta didik lebih tinggi daripada hasil pretest. Dengan kategori tertinggi pada hasil pretes berada pada kategori baik (B), sedangkan pada hasil postes kategori tertinggi berada pada kategori sangat baik (SB). Adapun berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji paired t-test diperoleh signifikansi 0.000. Karena nilai thitung ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) berbasis metode konflik kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rafiqah Rafiqah, UIN Alauddin Makassar
UIN Alauddin Makasar
Muh Wayong, UIN Alauddin Makassar
UIN Alauddin Makassar

References

Agustyaningrum, Nina. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. (Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika). UNY. 2011 (Diakses tanggal 24 April 2018).

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, D.R. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Longman Publishing. 2011.

https://www.researchgate.net(diakses tanggal 15 januari 2019).

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Roedakarya Offset, 2011.

Bybee, Rodger W. The BSCS 5E Instructional Model: Personal Reflections and Contemporary Implications. NSTA’s peer-reviewed journal for elementary teachers.2014.

https://newscenter.sdsu.edu(diakses tanggal 24 November 2018)

Creswell, John. RISET PENDIDIKAN: Perencanaan, Pelaksanaaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015

Dahar, Ratna Wilis. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2011

Dahlan, Jarnawa Afgani. Ade Rohayati, dan Karso, Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif dalam upaya meningkatkan High Order Mathematical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan Vol. 13 No. 2 September 2012. (diakses tanggal 12 Januari 2018).

Dewi, Ni Putu Sri Ratna.Pengaruh Model Siklus Belajar 7E Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa SMA Negeri 1 Sawan. Dalam jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, Juli 2012. (diakses tanggal 8 juli 2018)

Djali, “Pengantar” dalam Kadir, Statistik Terapan:Konsep, Contoh, dan Analisa Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Peneltian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015. (diakses tanggal 12 januari 2018).

Duran, Emilio. Dkk. A learning cycle for all students. The Science Teacher. Maret 2011.

Elisa, Dkk. Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui PhET Simulation. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 1, No. 1, 2017. (diakses tanggal 15 januari 2019)

Heri, Retnowati. Validiatas Reabilitas & Karkteristik Butir Yogyakarta: Parama Publishing. 2016

Irsyad, Muhammad. Dkk. Learning Cycle 7E Model-Based Multiple Representation to Reduce Misconseption of the Student on Heat Theme. Jurnal of Innovatif Science Education.UNNES. 2018

https://journal.unnes.ac.id (diakses tanggal 15 januari 2019)

Jalal, Fasli. Teacher Certification In Indonesia: A Strategy for Teacher Quality Improvement. Depertemen Pendidikan Nasional RI. 2009.

http://documents.worldbank.org (diakses tanggal 15 januari 2019)

Kauchak, Paul Eggen Don. Strategi dan Model Pembelajaran ed. 6. Jakarta Barat: PT. Indeks. 2012

KAZU, Ibrahim Yazar dan Emine BOZU. Turkish Vocational School Students’ Perception of 5E Teaching Model. International Journal of Learning & Development. Turkey: 2012.

http://www.macrothink.org/journal/index.php/ijld (diakses tanggal 15 januari 2019)

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Materi Pelatihan Guru Inplementasi Kurikulum2013SMA/SMK. 2015

Liu, Tzu-Chien. Dkk. The Effects of Mobile Natural-science Learning Based on the 5E Learning Cycle: A Case Study. International Forum of Education Technology & Society (IFETS), 2009.

https://www.interaction-design.org(diakses tanggal 15 januari 2019)

Lorsbach, A.W. The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Instruction. 2013 (diakses tanggal 24 November 2018)

Mosikdan P. Maulana. Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. UNESA: Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.2010

https://journal.unnes.ac.id (diakses tanggal 15 januari 2019)

Senindra, Helni. Muhammad Muslim, dan Apit Fathurohman dengan judul “Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MAN Prabumulih” dalam jurnal inovasi dan pembelajaran fisika, vol. 3, No.1. 2016

https://ejournal.unsri.ac.id diakses pada tanggal 24 November 2018

Setyowati, A. Dkk. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP kelas VIII” dalam jurnal pendidikan fisika Indonesia. 2011

https://journal.unnes.ac.id (diakses tanggal 24 November 2018)

Siregar, Syofyan. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2014.

Published
2019-09-27
How to Cite
Rafiqah, R., Amin, F., & Wayong, M. (2019). PENGARUH LEARNING CYCLE BERBASIS METODE KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 133-139. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.9877
Section
Articles
Abstract viewed = 621 times