PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri terbimbing,untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri mandiri serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri terbimbing dan yang menggunakan inkuiri mandiri pada kelas IX MTs Madani Alauddin Pao-pao. Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui soal yang terdiri atas 10 soal PG (Pilihan Ganda) dan 3 soal Essai, penerapan model pembelajaran melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu t-dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum penerapan kedua model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada kategori sangat tinggi, sedangkan hasil inferensial yaitu thitung>ttabel sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fisika.Downloads
References
Dimyati. 2002. Belajar Dan
Pembelajaran; Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan
Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka
Cipta, 1999, Cet ke-3.
Rezba, R.J., Sparague, C.S., Fiel, R.L.,
Funk, H.J., Okay, J.R., & Jaus, H.H
(1995).
Learning and Assessing science
process skill 3rd ed. Iowa: kendal/ Hunt Publishing Company.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang
mempengaruhi, Jakarta: Rineka
Cipta, 2010.
Mohammad Jauhar. 2011. Implementasi
PAIKEM dan Behavioristik sampai
Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Trianto. 2009. Mendesain Model
pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta: Kencana prenada Media
Group.
Trianto, 2007. Model-model
Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi
Pustaka.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.