EFEKTIVITAS FISH BOWL TECHNIQUE SEBAGAI SARANA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA DAN PEMAHAMAN KONSEP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan fish bowl technique (teknik cawan ikan) sebagai sarana sosial pada karakteristik, mengetahui kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan metode konvensional diskusi kelas pada materi karakteristik gelombang, mengetahui fish bowl technique (teknik cawan ikan) sebagai sarana sosial efektif terhadap kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep. Desain penelitian yang digunakan The Matching-Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi fish bowl technique lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep pada kelas XI MIPA 2 dibandingkan dengan diskusi kelas pada kelas XI MIPA 1 MAN 1 Makassar.
Downloads
References
Bloomfield, L. 1993. Language. New York: Rinchart and Wiston.
Chaer, Abdul. 2011. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Mania, Siti. 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin Press.
Noviyanti, Mery. 2016. Pengaruh Motivasi dan Keterampila Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada matakuliah Statistika Pendidikan. FKIP_UT. Tangeran Selatan. http://www.E-Jurnal.html.
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sabarti, Akhadiah. 1992. Bahasa Indonesia II. Jakarta: DEBDIKBUD.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trisnayadi, Tuwu. 2007. Menggapai cita-cita. Yogyakarta: PT. Pustaka.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.