PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS IX MTS PONPES AL-IKHSANDDI KANANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dan melakukan eksperimen dengan peserta didik yang diajar tanpa melakukan eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Design – Intact Grouf Comparason. Metode pengumpulan yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data untuk kelas eksperimen 78,9 % berada pada kategori tinggi dan untuk kelas control 37,1 % berada pada kategori rendah. Analisis data menggunakan uji t i t hitung > t tabel (25,8 >1.521), maka nilai t hitung berada pada daerah Ha sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Jauhar, Muhammad. 2011. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Gramedia.
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian: Refleksi Pengembangan Pemahaman dan Penguasaan Metodologi Penelitian. Malang: UIN Malang Press.
Moh. Amien. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Morgan, Clifford T. 1961. Introduction to Psychology. New York: The University Of Wisconsin.
Siti,Lailiyah. 2007. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Inquiry Terhadap Kemampuan Psikomotorik Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Mahasiswa Jurusan P.MIPA FKIP UNS Tahun Ajaran 2006/2007.Surakarta: Skripsi.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Trianto. 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.