PENGARUH MODEL BELIEFS, INTENTIONS, ACTION AND REFLECTIONS (BIAR) TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 TONDONG TALLASA KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP

  • Nur Alfiyana
  • Ali Umar Dani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran minat belajar fisika peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan model Beliefs, Intention, Action and Reflection (BIAR) pada kelas XI IPA A SMAN 1 Tondong Tallasa dan mengetahui pengaruh minat belajar fisika peserta didik dengan menggunakan model Beliefs, Intention, Action and Reflection (BIAR) pada kelas XI IPA A SMAN 1 Tondong Tallasa. Penelitian ini merupakan bagian dari pre-experimental dengan desain penelitian The One Group Pretest Postteest. Jumlah sampel yang digunakan pada adalah sebanyak 22 orang peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala minat belajar. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu nilai uji t. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai t sebesar 11,668 dengan harga t tabel adalah 2,080 dengan tHitung > tTabel (11,668 > 2,080) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model BIAR dapat meningkatkan minat belajar fisika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-24
How to Cite
Alfiyana, N., & Dani, A. U. (2017). PENGARUH MODEL BELIEFS, INTENTIONS, ACTION AND REFLECTIONS (BIAR) TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 TONDONG TALLASA KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 32-35. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.2962
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 233 times