Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model 4D. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik dan guru, serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKPD adalah 3,64 dan 3,56 dengan kategori sangat valid, sedangkan buku ajar siswa yaitu 3,4 dengan kategori valid; (2) Praktis berdasarkan rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran 1,95 dengan kategori terlaksana seluruhnya, respon guru terhadap buku ajar siswa dan LKPD memberikan respon positif 100%, respon peserta didik terhadap buku ajar siswa terdapat 80% siswa yang memberi respon positif, 84% siswa yang memberi respon positif pada LKPD; (3) Efektif berdasarkan pengelolaan pembelajaran diperoleh rata-rata 3,74 dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik yakni 84%, dan tes hasil belajar berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata tes adalah 88,23.
Downloads
References
Ahmadi, S. A. dan I. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. PT.Prestasi Pustakaraya.
Ginting, H., & Surya, E. (2017). International Journal of Sciences : Development Learning Device Based for Measuring Contextual Critical Thinking Skills Students SD Class VI Mathematical. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(May).
Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability and Self-Confidence (an Experiment on Hunior High School Students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/ije
Indrawati, Y. (2006). Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Manajemen & Bisnis Sriwijaya, 4(7).
Irawan, D., & Surya, E. (2013). Analysis the Effectiveness of Mathematics Learning Using Contextual Learning Model. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 135–143.
Ismail, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII SMPN 27 Makassar. UIN Alauddin Makassar.
Munawarah. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Matematika Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n2a2
Prabawanto, S., & Selvianiresa, D. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE).
Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontruktivisme. Makassar: Alauddin University Press.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenanda Media Group.
Setiawati, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas X SMK Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didktik Matematika, 4(1), 80–89.
Tati, Zulkardi, & Hartono, Y. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 75–89.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (ke-3). Jakarta: Kencana.
Yuniati, S. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter-Keislaman melalui Pendekatan Kontekstual di Propinsi Riau. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 104–118. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10