Analisis Buku Matematika SMA Ditinjau dari Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013

  • Dendy Setyo Anggoro Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Analisis, Buku Matematika, Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku teks pelajaran matematika kelas X SMA dan MA kurikulum 2013 ini sudah disajikan sesuai dengan KI dan KD serta implementasi pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penskoran kesesuaian buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran matematika kelas X SMA dan MA kurikulum 2013 sudah disajikan sesuai dengan KI dan KD serta implementasi pendekatan saintifik, dengan presentase 85,7% atau kategori baik untuk analisis berdasarkan kesesuaian materi dengan KI dan KD. Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-1 adalah 100% (sangat baik). Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-2 adalah 100% (sangat baik). Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-3 adalah 80% (baik). Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-4 adalah 80% (baik). Sedangkan persentase 86,1% atau kategori sangat baik untuk analisis berdasarkan kesesuaian materi dengan implementasi pendekatan saintifik. Implementasi pendekatan saintifik telah tercermin dengan adanya langkah-langkah pembelajaran melalui penerapan 5M (mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengkomunikasikan) dan model pembelajaran discovery learning, problem based learning, dan project based learning yang telah disajikan pada setiap bab.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Bakoban, F. I. (2019). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Universitas Negeri Medan.

Chang, C.-C. (2014). An IPA-Embedded Model for Evaluating Creativity Curricula. Journal of Innovations in Education and Teaching International, 51(1).

Hosnan, M. (2014). Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, E. T. (2019). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 29.

Mangunwijaya. (2013). Menyambut Kurikulum 2013. Jakarta: Kompas.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Miles, B. M. dan A. M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UPI.

Mukaromah, H. (2020). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017 Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Saintifik. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Putri, S. N. (2020). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2 Dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Risminawati, F. P. (2017). Analisis Materi, Penyajian dan Bahasa Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII di Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Robbins, S. P. (1997). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: PT Prehallindo.

Rohman, A. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:LaksBang Mediatama.

Sinaga, J. A. B., & Sihombing, B. (2022). Analisis Kesesuaian Materi Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester I Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Journal of Maritime and Education, 4(1), 377.

Sriyanto, H. . (2017). Mengobarkan Api Matematika. Sukabumi: CV Jejak.

Sufairoh. (2016). “Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13.” Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, progresif, dan Kontekstual. Kencana.

Diterbitkan
2022-05-31
Bagian
Vol. 4 No. 1
Abstrak viewed = 156 times