Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO Kelas VII MTs Muhammadiyah Tanetea

  • Arimbi Puspa Mega Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisa Kurnia Syam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rustiani Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
Kata Kunci: Kesalahan, Geometri, Taksonomi SOLO

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi geometri berdasarkan taksonomi SOLO kelas VII MTs Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya yaitu metode tes dengan memberikan soal-soal kepada 31 siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Tanetea dan wawancara mendalam kepada 5 (lima) orang responden yang dipilih oleh peneliti berdasarkan tingkat respon yang diperoleh oleh siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa  persentase tingkat respon siswa sebagai berikut: sebanyak 61,3% dari jumlah siswa berada pada tingkat respon Pra-struktural; 25,8% berada pada tingkat respon Uni-struktural; 12,9% berada pada tingkat respon Multi-struktural, serta tidak ada siswa yang berada pada tingkat respon Rasional dan tingkat respon Extend Abstract, maka disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTs berada pada tingkat respon Pra-struktural.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustina, I. R., Mulyono, & Asikin, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi SOLO. UJME: Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 92–100. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijcs

Amallia, N., & Uanenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(2), 123–133. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Angateeah, K. S. (2017). An Investigation of Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Word Problem at Lower Secondary. International Journal of Learning, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.18178/IJLT.3.1.46-50

Atiqoh, K. S. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11687

Azmia, S., & Soro, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo pada Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2001–2009. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.681

Dewi, S. I. K., & Kusrini. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar SMP Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. MATHEdunesa, 3(2).

Dewi, W. S., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Materi Geometri Kelas VII SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 635–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.624

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). The Students’ Mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With Vba-Microsoft Excel. Infinity Journal, 7(2), 123–132. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p123-132

Halimah, H., Untu, Z., & Suriaty, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO). Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.245

Haryanti, M. D., Herman, T., & Prabawanto, S. (2019). Analysis of students’ error in solving mathematical word problems in geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042084

Herlina, & Loisa, J. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 189–197.

Mulbar, U., Rahman, A., & Ahmar, A. S. (2017). Analysis of the ability in mathematical problem-solving based on SOLO taxonomy and cognitive style. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 68–73. https://doi.org/10.26858/wtetev15i1y2017p6873

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 17–32. https://doi.org/https://dori.org/10.31980/plusminus.v1i1.1023

Sulistiowati, D. L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Student difficulties in solving geometry problem based on Van Hiele thinking level. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042118

Tarigan, D. (2014). Taksonomi Solo dalam Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Geometri Bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(75), 34–39.

Wahyudi, Syuitno, H., & Waluya, S. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematka. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.24176/jino.vlil.2315

Widiasari, F., Hidayati, K., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi Solo ( Structured of Observed Learning Outcome) di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo. Jurnal Ilmiah Al Thifl, 1(2), 1–8.

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 237 times