Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Trigonometri

  • Muhlisa Nurul Fauzia Alauddin
    (ID)
  • Ahmad Farham Majid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Analysis, Kelancaran, Keluwesan, Keaslian, Terperinci

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 4 Bulukumba pada aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi Trigonometri. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.1 tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi, kemudian divalidasi menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek fluency, subjek tingkat tinggi mampu menyelesaikan soal dengan lancar dan benar, sedangkan subjek tingkat sedang  mampu mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan pada bunyi soal meskipun terdapat kekeliruan  dan kategori rendah belum mampu menyelesaikannya dengan baik. Pada aspek flexibility, subjek tingkat tinggi mampu menggunakan lebih dari satu cara untuk menyelesaikan soal, sedangkan kategori subjek sedang hanya mampu menyelesaikan satu soal dengan menggunakan lebih dari satu cara yang berbeda dengan baik dan rendah hanya mampu mengerjakannya dengan satu cara. Pada aspek originality, subjek tingkat tinggi mampu menyelesaikan soal dengan cara tidak biasa, sedangkan subjek kategori sedang mampu menyelesaikannya dengan cara tidak biasa tetapi terdapat kekeliruan pada proses penyelesaiannya dan rendah belum mampu menyelesaikannya dengan baik. Pada aspek elaboration, subjek tingkat tinggi mampu menyelesaikan soal dengan urutan terstruktur dan rinci, sedangkan subjek dengan kategori sedang mampu menyelesaikan soal dengan menuliskan langkah penyelesaian secara rinci tetapi masih terdapat kesalahan dalam perhitungannya dan kategori rendah belum mampu menyelesaikannya dengan baik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amelia, R., & Rachman, A. F. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Triginometri. Jurnal Maju, 7(1), 83–88.

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. 1(3), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.239-248

Arini., W., & Asmila., A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII SMP Xaverius Kota Lubuklinggau. 1(1).

Asri, D. (2023). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menyelesaikan Soal Trigonometri. 11(1), 62–67.

Ayu, R., & Tri, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437–2446.

Daiana, P., Surahmat, S., & Fathani, A. H. (2021). Profile of Students’ Mathematical Creative Thinking Ability in Solving Mathematical Problem. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(1), 49–62. https://doi.org/10.30998/formatif.v11i1.7810

Darwani, D., Burhanuddin, A. G., & ... (2022). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. … Matematika Dan Sains, 1(2), 29–38.

Effendy, K. N. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatis Siswa SMP Kelas VIII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2).

Halean, S., Kandowangko, N., & Goni, S. Y. V. I. (2021). Vol. 14 No. 2 / April – Juni 2021. Journal Holistik, 14(2), 1–17.

Hanipah, N., Yuliani, A., & Rippi, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. PT. Panca Terra Firma.

Hidayat, W., & Novianti, D. (2020). Analisis Kemampuan Siswa MTS Dalam Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pemblejaran Matematika Inovatif, 3(6), 595–604.

Isnaini, M. T., & Pradipta, T. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau berdasarkan Model Pembelajaran Kontekstual. 15(2), 169–182.

Kurniawan, W., & Wahyuni, A. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Matematika, 17(2).

Manapa, I. Y. H., & Mautang, D. C. (2024). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN TGT MENGGUNAKAN PERMAINAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK Pendahuluan Pendidikan yang berkualitas dipahami sebagai faktor pendorong yang sangat kuat untuk memastirkan perkembangan individu hing. 10(2), 1087–1101.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pendidikan Matematika, 4, No. 1, 32–33.

Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. IAIN Palopo.

Mustika. (2013a). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60–88.

Mustika. (2013b). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). JUrnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60–88.

Nuraeni, F. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangannya (Pertama). UPI Sumedang Press.

Putra, D. H., Akbar, P., Rahmawati, W., & Rasnawati. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia, 3(1), 164–177.

Siti Aisyah, N., & Sylviana Zanthy, L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dan Self Concept Siswa MTs pada Materi Himpunan. Journal On Education, 1(3), 252–259.

Syahputra., H., Sinaga., B., & Jepri., I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika yang Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–13.

Diterbitkan
2024-11-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 72 times