HIRĀBAH (BEGAL) DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Studi Kasus di Kota Makassar
Abstract
Begal saat ini semakin membuat masyarakat Kota Makassar tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan baik, karena selalu merasa terancam dengan aksi jalanan dari para pelaku. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kategorisasi dan bentuk begal di kota Makassar ditinjau dari perspektif Hukum Islam serta solusi Islam bagi masalah kejahatan ini. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan kualitatif deskriptif dengan pendekatan teologis normatif, dan yuridis. Ada dua kategori kejahatan begal yang paling sering terjadi di kota Makassar, yaitu pembegalan dengan perampasan tanpa pembunuhan dan pembegalan dengan penghadangan jalan tanpa perampasan atau pembunuhan. Solusi Islam bagi masalah begal adalah solusi pencegahan (preventif) berupa ajarannya yang mencakup akidah, ibadah, akhlak dan amar ma’ruf nahyi munkar, serta solusi hukum (represif) dengan adanya had hirābah bagi pelaku begal. Berdasarkan perspektif hukum Islam, untuk kategori pertama yaitu pembegalan dengan perampasan harta tanpa pembunuhan, pelaku diancam dengan had yaitu dipotong tangan kanan pelaku begal dengan kakinya sebelah kiri. Adapun untuk kategori yang ke dua yaitu pembegalan dengan penghadangan dan mengacau atau menakut-nakuti jalan tanpa perampasan atau pembunuhan, pelaku diancam dengan had dibuang dari negeri tempat kediamannya ke negeri Islam lain atau penjara. Syarat-syarat dijatuhkannya had ini pada para pelaku begal di kota Makassar telah terpenuhi.References
‘Audah, Abdu al-Qadir. at-Tasyri’ al-Jina’i al-Islamy, Juz II .Bairut: Dār al-Kātib al‘Araby.
al-‘Asqalānī, Ahmad bin ‘Ali bin Hajar. Fathulbārī Syarh Hadis al-Bukhārī, http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=52&ID =33 (18 Februari 2018)
al-‘īd, Sulaimān bin Qāsim. al-Amru bi al-Ma’rūf wa al-Naḥyu ‘an al-Munkar al-Huṡṡu ‘alā Fi’lihi wa al-Tahdzīru Man Tarakaḥū .al-Riyāḍ: Dār al-Waṭan Li al-Nasyr, 2000.
al-‘Uqail, Muhammad bin ‘Abdul Waḥāb. Haqīqah Firāq al-Muslimīn wa al-Yahūd wa al-Naṣārā wa al-Falāsifah wa al-Waṡāniyyīn Fi al-Malāikah al-Muqarrabīn, .Riyaḍ: Adwāu al-Salaf, 2002
al-Aṡary, Abdullāh ‘Abdul Hamīd. al-Wajīz fī ‘Aqīdati al-Salaf al-Ṣālih Aḥlu al-Sunnah wa al-Jamā’ah. http//www. islamhouse.com (5 Februari 2018
al-Asyqar, Umar Sulaimān .‘Ālam al-Malāikat al-Abrār .Cet. IV; Kuwait: Dār al-Falāh, 1986.
al-Audah, Salman Ma’allah, terj. Umar Mujtahid dan Abu Hudzaifah, Bersama Allah ( Jakarta: Mutiara Publishing, 2014)
al-Bukhāri, Muhammad bin Ismā’īl. Ṣahīh al- Bukhāri. Bairut: Dāru Ibnu Kaṡir, 2002.
al-Dimasyqi, Abu Fidā Ismā’īl bin Kaṡīr, Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm, Juz III .Cet:I; alRiyāḍ: Dāru Ṭayyibah li al-Nasyri wa al-Tauzī’, 1999.
al-Ghazali, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad. al-Wajīz fī Fiqhi al-Imām asy-Syāfi’ī, Jilid II. Cet. I; Bairut: Syarikah Dāru al-Arqām bin Abi al-Arqām, 1418H/1997M
al-Hamd, Muhammad bin Ibrāhīm. al-īmān bi al-Yaum al-ākhīr. https:// d1. islamhouse.com/data/ar/ih_books/single/ar_belief_in_last_day_hamad.pdf (5 Februari 2018).
al-Nawawī Yahya bin Syaraf Abī Zakariyā., Syarah al-Nawawī ‘Alā Muslim, http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=5237&idto=5 240&bk_no=53&ID=788 (18 Februari 2018)
al-Qarḍāwī, Yūsuf. al-Khaṣāis al-‘āmmah Li al-Islām .cet. II; Bairūt: Muassasah alRisālah, 1983
al-Qarḍāwi, Yūsuf. Syari’ah al-Islām.Cet. II; Qāhirah: Dār al-Ṣahwah li al-Masyri wa al-Tauzī’, 1993..
al-Qurṭuby, Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Rusyd. Bidāyatul Mujtahid wa Nihāyatul Muqtaṣid. Jilid II; Kairo: Dāru Ibnu al-Jauzi, 2013.
al-Sa’diy, Abdurrahmān bin Nāṣir. Baḥjaḥ Qulūb al-Abrār wa Qurrati ‘Ain al-Akhyār Fī Syarhi Jawāmi’i al-Akhyār .Cet. IV; al-Riyāḍ: Wizāratu al-Syu-ūni al-Islāmiyah wa al-Auqāf wa al-Da’wah wa al-Irsyād, 2002.
al-Ṣabūnī, Muhammad ‘Ali. Tafsīru āyātu al-Ahkam. Jilid I, Kairo: Dāru aṣ-Ṣabūnī, 2008 M. al-Tirmiżi, Muhammad bin ‘Īsā. al-Jāmi’ al-Kabīr, Jilid IV.Cet. I: Dār al-Garb al-Islāmī, 1996
Hamsir, Pengantar Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana (Analisis Sosiologis PasalPasal Tertentu Dalam KUHP dan KUHAP). (Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Hasan, Hamzah. Pidana Hukum Islam II. Makassar: Syahadah, 2016
Kamal bin al-Sayid Salim, Abu Malik. Ṣahīh Fiqh al-Sunnah Wa Adillatuha Wa Tauḍih Madzāhib al A-immah, Juz IV, Kairo: Maktabah al-Taufiqiyah, 2003.
Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’ān dan Terjemahnya. Jakarta: Samad, 2014.
Muhammad al-Husain, Taqiyuddin Abū Bakar. Kifayatu al-Akhyar Syarah Matan Abu Syuja’ Muhammad Nāṣiruddīn al-Albānī, Ṣahih an-Nasā-ī. Jilid III. Cet. I; Riyaḍ: Maktabah al-Ma’ārif, 1998.
Muhammad Sa’dāt, Mahmud Futūh. Ahammiyah al-īmān Bi al-Malāikah wa’alāmatihi al- Nafsiyah wa al-Ijtimā’iyah wa al-Khalqiyah. http://www.alukah.net/library/0/52523/ (5 Februari 2018)
Mustafa Hasan, Beni Ahmad Saebani, Hukum Pidana Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Sābiq, Sayyid. Fiqh al-Sunnah, Jilid II. Qāhirah: al-Fath al-‘Alam al-‘Araby Tafsīr al-Ma’syarawi pada http:// www.masrawy. com/ Islameyat/ QuranAyt_ElYoum /details/2015/1/29/440271 تفسير -من-سورة-البقرة 126- -الشعراوي-للآية (2 April 2018)
Yahya bin Syaraf al-Nawāwi, Raudatu al-Ṭālibīn.Cet.I; Bairut: Dār Ibnu Hazm, 1423 H/2002 M.
The authors of a work hold the copyright and grant the Al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan the right of first publication. The work is also licensed under the Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0), which enables others to share the work while acknowledging the authorship and initial publication in the journal. The authors can make separate contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published version of the work, such as by posting it to an institutional repository or editing it for a book, with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are allowed and encouraged to post their work online, such as in institutional repositories or on their website, before and during the submission process. This can lead to productive exchanges and greater citation of the published work.