PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE SILIH TANYA BERBANTUAN KARTU MODEL DAN METODE MAKE A MATCH

  • Ahmad Farham Majid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ismail Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Scopus ID: 57205056050, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode silih tanya berbantuan kartu model dan metode make a match. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Kab. Gowa berjumlah 351 siswa dan total sampel berjumlah 64 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pretest dan posttest dan non tes berupa lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data nilai siswa menggunakan statistik deskriptif rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan metode silih tanya berbantuan kartu model adalah 86,84 dengan kategori sedang dan yang diajar menggunakan metode make a match adalah 77,78 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis statistik inferensial bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode silih tanya berbantuan kartu model dengan yang menggunakan metode make a match pada kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Kab. Gowa.

 

Abstract

This study aims to determine the mathematical communication ability of students who use card-assisted questions method and make a match method. This type of research is a quasi-experimental research with nonequivalent pretest-posttest control group design. The population in this study were all VII grade students of SMPN 4 Sungguminasa, Gowa Regency with 351 students and a total sample of 64 students with purposive sampling techniques. The instrument used in this study was a test consisting of pre-test and post-test and non-test that is observation sheet. Based on the data analysis results that average the value of students’ mathematical communication skills who were taught using the card-assisted questions was 86.84 in the medium category and those who taught using make a match method were 77.78 in the medium category. The results of inferential statistical analysis that there is a significant difference between the mathematical communication abilities of students who use card-assisted questions and using the make a match method in class VII of SMPN 4 Sungguminasa, Gowa Regency.


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Farham Majid, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=h82TnhMAAAAJ&hl=en

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.

EDUCATION BACKGROUND

  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2019 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) AJME : Alauddin Journal of Mathematics Education, 2019-sekarang
Fitriani Nur, Scopus ID: 57205056050, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=WyLoglwAAAAJ&hl=id

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6054313&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2013 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang

References

Getteng, R. (2011). Menuju Guru Profesional dan Beretika. graha guru.

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. multi pressindo.

Kaneng, S. (2017). Wawancara Mahasiswa.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Reflika Aditama.

Lestari, W. P. (2014). Eksperimentasi Think Pair Share (Tps) dan Make A Match Materi Segiempat Terhadap Prestasi Belajar dan Komunikasi Matematis. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Rakhmat, N. (2012). Metode Make a Match pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Gisikdrono. Universitas Negeri Semarang.

Saputra, R. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Universitas Pakuan.

Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif (Cet I). Penerbit Universitas Malang.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (cet XIII). Alfabeta.

Suharyanto. (2008). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Silih Tanya Antar Siswa Berbantuan Kartu Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang. Universitas Negeri Malang.

Published
2020-05-31
How to Cite
Majid, A. F., Ismail, I., Mardhiah, M., & Nur, F. (2020). PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE SILIH TANYA BERBANTUAN KARTU MODEL DAN METODE MAKE A MATCH. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 32-43. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.12429
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 247 times