PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG

  • Nur Kahfiah Ridwan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Munirah Munirah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah research & development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi 5 tahap, yaitu: tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.D SMPN 1 Sungguminasa kabupaten Gowa berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian berupa lembar validasi LKPD, lembar pengamatan keterlaksanaan LKPD, angket respons siswa dan angket respons guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran menggunakan LKPD dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa nilai rata-rata seluruh komponen kelayakan lembar kerja peserta didik sebesar 3,1 dengan kategori valid; 2) rata-rata untuk seluruh aspek pengamatan keterlaksanaan lembar kerja peserta didik sebesar 1,24 dengan kategori terlaksana sebagian dan rata-rata persentase seluruh aspek angket respons peserta didik sebesar 71,85% dengan kategori positif dan angket respons guru sebesar 83,89% dengan kategori positif sehingga dikategorikan praktis; dan 3) rata-rata persentase aktivitas peserta didik untuk keseluruhan pertemuan pembelajaran sebesar 64,80% berada dalam kategori aktivitas baik dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,76 dengan kategori baik serta tes hasil belajar matematika diperoleh bahwa terdapat 25 peserta didik (71,43%) dari 35 orang telah memperoleh nilai minimal 75 sehingga dikategorikan efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sungguminasa kabupaten Gowa memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

 

Abstract

The purpose of this research is to develop worksheet based on guided discovery on the solid figure material for class VIII students of SMPN 1 Sungguminasa Gowa regency is valid, practical, and effective. The type of research is research & development with reference to the ADDIE development model which includes 5 stages, namely: the analysis phase, design, development, implementation, evaluation. The subjects in this study were students of class VIII.D SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa numbered 35 people. The instruments consisted of the worksheet validation sheet, the worksheet practicum observation sheet, the student and teacher response questionnaires, the student and teacher activity observation sheet, and the students' mathematics learning outcomes test. The research results show that 1) the validation results from the experts stated that the average value of all components of worksheet eligibility was 3.1 with a valid category, (2) the average for all aspects of observing the worksheet's implementation was 1.24 with a partially implemented category and the average percentage of all aspects of student questionnaire responses was 71.85% in a positive category and the teacher's questionnaire response was 83.89% in a positive category so it is categorized as practical, (3) the average percentage of student activity for the whole learning meeting was 64.80% are in good category and the activities of teachers in managing the learning amounted to 3.76 in good category and the result of mathematics learning outcomes obtained that there are 25 students (71.43%) out of 35 students have achieved a minimum score of 75. So, it can be concluded that the worksheet based on guided discovery in solid figure material for eighth-grade students of SMPN 1 Sungguminasa Gowa regency has met the criteria of validity, practicality, and effectiveness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdareza, M. Y., Zuhri, & Sakur. (2018). Pengembangan RPP dan LKPD matematika dengan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah pada materi prisma dan limas kelas VIII SMP. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–9.

Amalia, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP/MTs. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Baharuddin. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis model kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing kelas VII MTS Negeri Model Makassar. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 31–51.

Ihsan, F. (2008). Dasar-Dasar Kepeendidikan (5, Ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lestari, N. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMP Negeri 28 Makassar. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Manik, M., & Mukhtar. (2017). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas VIII SMP NEGERI 1 AJIBATA. Jurnal Inspiratif, 3(2), 92–101.

Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(01), 53–63. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/viewFile/3097/2170

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran Dengan Penerapan HOTS. Bandung: Smile’s publishing.

Sari, P., Bennu, S., & Mallo, B. (2014). Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii pada materi luas permukaan dan volume limas di SMP Negeri 19 Palu. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 156–169. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7988/6322

Sundayana, R. (2013). Media Pengemabangan Matematika (1st ed.). Bandung: Alfabeta cv.

Syarif, A. F. (2017). Pengembangan Lkpd Berbasis Model Kooperatif Tps (Think- Pair-Share) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Matriks Kelas XI MAN 1 Makassar. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Yanti, Y. D., Arcat, & Hardianto. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa ( lks) matematika berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas viii sekolah menengah pertama pada materi kubus, balok, prisma dan limas. E-Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika, 2(1), 1–8.

Yuliani, T. (2018). Guided discovery worksheet for increasing mathematical creative thinking and self-efficacy. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1).

Zulfah. (2017). Tahap preliminary research pengembangan LKPD berbasis PBL untuk materi matematika semester 1 kelaS VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. Retrieved from http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/184/257

Published
2020-05-31
How to Cite
Ridwan, N. K., Mania, S., Sriyanti, A., & Munirah, M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 129-141. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13236
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 512 times