PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kebiasaan belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain factorial design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 30 Bulukumba yang berjumlah 87 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dan angket kebiasaan belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kebiasaan belajar peserta didik.
Abstract
This study aimed to determine the effect of interaction between contextual approaches to mathematics learning outcomes in terms of learning habits. This type of research was a quasi-experiment with factorial design. The population in this study were all eighth-grade students of SMPN 30 Bulukumba, amounting to 87 people. Sample selection using a simple random sampling technique. The instruments used were mathematics learning achievement tests and student study habits questionnaire. The analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that there was no interaction effect between contextual approaches to mathematics learning outcomes in terms of student learning habits.
Downloads
References
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka.
Bahri, S., Abrar, A. I. P., & Angriani, A. D. (2017). Perbandingan Metode Deduktif dengan Induktif terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. MaPan: Matematika Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a4
Emzir. (2013). Metodologi Peneltian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif (VII). Raja Grafindo Persada.
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Cet ke-2. Ghalia Indonesia.
Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran.
Mahmud, N., & Amaliyah, R. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dari Tingkat Akreditasi Sekolah SMAN di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal MaPan, 5(2).
Mustamin, M. K. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Arti Bumi Intara.
Mustamin, S. H. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Asesmen Kinerja. Lentera Pendidikan, 13(1).
Purnomo, D. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana Pengembangan Kreatifitas Berpikir. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1/Maret). https://doi.org/10.26877/aks.v2i1/maret.43
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (cet XIII). Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasinya. Pustaka Pelajar.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).