EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Laela Kadri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan pendekatan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 3 Binamu kabupaten Jeneponto yang berjumlah 64 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan tes berdasarkan pada indikator berpikir kritis matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai pretest dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan pendekatan problem posing memiliki persentase terbanyak pada kategorisasi sangat rendah dan persentase terbesar nilai posttest pada kategorisasi tinggi; 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan pendekatan problem posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dikategorikan efektif.

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of think-pair-share cooperative learning model with the problem-posing approach to critical thinking skill of mathematics. This study uses a quantitative approach to the type of quasi-experimental research. The population in this study were all eighth-grade students of SMPN 3 Binamu, Jeneponto regency with a total of 64 students. The research instrument uses tests based on mathematical critical thinking indicators. Data analysis techniques used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that 1) the pretest score by applying the cooperative learning model type think-pair-share with the problem-posing approach has the highest percentage in the very low categorization and the largest percentage of the posttest score in the high categorization. 2) The application of the cooperative learning model type think-pair-share with the problem-posing approach in improving students' mathematical critical thinking skills is considered effective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, M. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS X SMK Negeri dan Bakat Teknik Terhadap Hasil Belajar Menguasai Konsep Dasar Listrik dan Elektronika Pada Peserta didik Kelas 2 Medan Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Teknik.

Fuad, I. (2003). Dasar-Dasar kependidikan. Rineka Cipta.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Herawati, Dwi Putra, Siroj, Basir, H. M. J. (2010). Pengaruh Pembelajaran problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 71.

Husna, M.Ikshan, F. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Model Komunikasi Matematis peserta didik sekolah menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Jurnal Peluang, 2(1), 83.

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model MEAs pada Peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 2(1), 44.

J.M, El & Shadily, M. (1990). Kamus Inggris-Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jumata, H. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Kadir. (2015). Statistik Terapan. PT. Rajagrafindo Persada.

Muh. Khalifah Mustamin. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aynat Publishing.

Oemar, H. (2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. PT. Bumi Aksara.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media Grup.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algasindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan (R&D). Alfabeta.

Sukarma, K. (2004). Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving dan dan Problem Posing Untuk Meningkatkan Aktivitas Peserta didik. Jurnal Kependidikan, Vol.3 No.1.

Published
2020-05-31
How to Cite
Yuliany, N., Rahman, U., & Kadri, L. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 65-73. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13314
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 394 times