PROFIL GURU HARAPAN MASA DEPAN

  • A. Marjuni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Alwan Suban Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu: pertama, pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Kedua, Kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional ketiga, Kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

 

Abstract

A teacher is a professional educator with the task of educating, teaching, guiding, directing, training, assessing, and evaluating students in early childhood education through formal education, basic education, and secondary education. The teacher has a position as a professional at the level of basic education, secondary education, and early childhood education in the formal education pathways that are appointed by laws and regulations, namely: first, the recognition of the position of teachers as professionals as evidenced by certificates of educators. Second, the position of the teacher as a professional staff function to improve the dignity and the role of the teacher as a learning agent functions to improve the quality of national education. Third, the position of the teacher and lecturer as professional staff aims to implement the national education system and realize the national education goals, namely the development of the potential of students so that be a human being who believes and is devoted to Allah Almighty, noble, healthy, knowledgeable, competent, creative, capable, and becomes a democratic and responsible citizen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2010). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung.

Bafadal, I. (2008). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, H. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan dan Konsep Implementasi). Bandung.

Drajat, M. (2014). Etika Profesi Guru. Bandung.

Getteng, A. R. (2014). Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yogyakarta: Grha Guru.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta.

Published
2020-05-31
How to Cite
Marjuni, A., & Suban, A. (2020). PROFIL GURU HARAPAN MASA DEPAN. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 13-22. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13361
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 1573 times