PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran tipe the power of two serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs As-Shalihin Gowa sebanyak 64 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar biologi peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran tipe the power of two berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 62,23. Namun, setelah menggunakan model pembelajaran tipe the power of two berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,81. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran the power of two berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas VIII MTs As-Shalihin Gowa.
Abstract
This study aims to determine student biology learning outcomes before and after using the learning model of the power of two and its effect on learning outcomes. The type of research used is experimental research. The study population was all students of class VIII MTs As-Shalihin Gowa as many as 64 people. The sample of this research is class VIII B as many as 32 people. The research instrument used was a biology learning achievement test. Based on the results of the study, it was found that the biology learning outcomes of students before using the power of two learning model were in the sufficient category with an average value of learning outcomes of 62.23. After using the power of two learning model is in the high category with an average value of learning outcomes of 78.81. It can be concluded that using the power of two learning model has an effect on improving biology learning outcomes of students in class VIII MTs As-Shalihin Gowa.
Downloads
References
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Dirjen Mandikdasmen. Depdiknas.
Fatkhurohman, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two (Kekuatan Berdua) terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII A MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Fuhasari, H. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode The Power of Two pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trangsan 03 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan, (Online), (http://www.ums.ac.id, Diakses 24 September 2018).
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, & M., Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA
Masri’ah, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two and Four Mata Pelajaran Fikih Materi Puasa di MTS Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Jurnal Pendidikan Madrasah (Online), Volume 1, Nomor 2, November 2016, (http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/1212/1105, Diakses 14 Mei 2020).
Nur Wahidah. (2010). Keefektifan Penerapan Strategi Berpikir, Berbicara dan Menulis (BBM) Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Surabaya.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Silberman. (2009). Pembelajaran The Power of Two, (Online). (http://www.scribd.com /doc31286550/Pembelajaran-the-Power-of-Two, Diakses, 23 September 2018).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sopah, D. (2000). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Suherman., Turmudi., Suryadi., Herman., Suhendra., Prabawanto., Nurjannah., & Rohayati. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan pendidikan Matematika FMIPA UPI.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Grasindo.
Zaini Hisyam, dkk. (2002). Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).