PENGEMBANGAN KARTU KUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran biologi kartu kuartet yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D Thiagarajan (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI MA As-Shalihin Gowa, pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respons, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan penilaian dari validator ahli, tingkat kevalidan media kartu kuartet yang diperoleh pada penelitian ini yaitu valid dengan nilai rata-rata akhir 3,73, adapun tingkat kepraktisan dalam kategori sangat positif yang diperoleh dari angket respons guru dan angket respons peserta didik yaitu 3,86, sedangkan pada tingkat keefektifan diperoleh persentase ketuntasan belajar peserta didik sebanyak 81,82%, yang menunjukkan bahwa media kartu kuartet efektif untuk digunakan dalam pembelajaran biologi.
Abstract
The purpose of this study is to develop a valid, practical, and effective quartet card as a biology learning media. This type of research is research and development. The development model used is the Thiagarajan 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The research subjects were students of class XI MA As-Shalihin Gowa, in the even semester of the 2019/2020 academic year. The research instruments used were validation sheets, response questionnaires, and test of student learning outcomes. The data processing and analysis techniques used were validity data analysis, practical data analysis, and effectiveness data analysis. Based on the assessment of expert validators, the validity level of the quartet cards media obtained in this study is valid with a final average value of 3.73, while the practicality level in the very positive category obtained from teacher response questionnaires and students response questionnaires is 3.86, while in the level of effectiveness obtained by the percentage of students learning completeness as much as 81.82%, which indicates that the quartet cards media is effective in biology learning.
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fithriyah, I., & As’ari, A. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran buku saku materi luas permukaan bangun ruang untuk jenjang SMP. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hadis, A., & Nurhayati, B. (2010). Psikologi dalam pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Karsono, Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan pemahaman keberagaman seni tradisi nusantara pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Upi Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 43–49.
Maula, F. (2014). The development of quartet card game media to increase reading interest and learning result of social science at MI Sunan Ampel Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mi’rojiyah, F. L. (2016). Pengembangan modul berbasis multirepresentasi pada pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, 1, 223.
Puspitasari, I., & Kurniawan, A. B. (2017). Quartet card game: changing students’ grammar mastery in writing descriptive text. ISOLEC (International Seminar on Language, Education, and Culture) Proceedings, 83–87.
Rahmawati, D. dkk. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4).
Retnaningsih, I. (2017). Pengembangan media kartu kuartet untuk mengembangkan kosakata pada anak kelompok B taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(6).
Safei, M. (2011). Media pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Simbolon. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (XX). Bandung: Alfabeta.
Sunardi, D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan metode improve berbasis pemecahan masalah model polya sub pokok bahasan lingkaran Kelas VIII SMP semester genap tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Tidak Diterbitkan, 7.
Tan, Darmawan, D. A., & Wibowo, C. (2015). Pengaruh permainan kartu kwartet terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa jepang. Psikodimensia, 14(1), 135–152.
Thiagarajan, Sivasailam, Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Bloomington: Indiana University.
Widyoko, S. E. P. (2014). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).