PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TOPICAL REVIEW DAN TIPE JEOPARDY REVIEW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Topical Review (TR) dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Jeopardy Review (JR) pada kelas X SMAN 16 Makassar. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 16 Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik berupa tes dengan menggunakan soal essay sebanyak 5 nomor untuk pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Dari hasil analisis inferensial diperoleh nilai signifikan 0,614 yang lebih besar dari dari pada α sebesar 0,05 (sig. > α). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Topical Review dan yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Jeopardy Review di kelas X SMAN 16 Makassar.
Abstract
The purpose of this study was to describe the differences in understanding the mathematical concepts of students who were taught using the Topical Review (TR) type of active learning strategy and those taught using the Jeopardy Review (JR) type of active learning strategy in class X SMAN 16 Makassar. This research approach is a quantitative approach. This type of research is Quasi-Experimental with the research design Nonequivalent Control Group Design. The population of this study was all students of class X MIA SMAN 16 Makassar. The sampling technique used was the purposive sampling technique. The instrument used to determine students' understanding of the concept was a test using 5 numbers essay questions for the pretest and posttest. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis with t-test. From the inferential analysis results obtained a significant value of 0.614 which is greater than α of 0.05 (sig.> Α). Thus it can be concluded that there is no difference in understanding the mathematical concepts of students who are taught with the Topical Review type active learning strategy and those taught with the Jeopardy Review type active learning strategy in class X SMAN 16 Makassar.
Downloads
References
Amarta, Y. (2017). Penerapan strategi active learning tipe Index Card Match (ICM) disertai topical review terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Jurnal.
Eliza, A., & Syapmen, W. (2016). Studi perbandingan penggunaan strategi belajar aktif tipe jeopardy review dan who wants to be a millionaire pada pembelajaran matematika. Jurnal Edumatica, 3(2).
F., K. S., & Sukiman. (2018). Pengembangan tujuan pembelajaran PAI aspek kognitif dalam teori Anderson, L. W. dan Krathwohl, D. R. Jurnal Al GHAZALI, 1(2).
Fauziyah, A. (2019). Board game dalam pembelajaran. Rumah Kita.
Hardiyanti, S. (2012). Perbandingan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika melalui strategi pembelajaran topical review dan jeopardy review pada kelas VIII SMP Negeri 2 Herlang Kabupaten Bulukumba. UIN Alauddin Makassar.
Irdaningsih. (2018). Penerapan strategi pembelajaran aktif jeopardy review untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia peserta didik pada pokok bahasan koloid di kelas XI MIA 6 MAN 2 Pekanbaru Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1505–1522.
Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis kartun untuk menurunkan kecemasan siswa. Desimal: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Majid, A. F., Ismail, Mardhiah, & Nur, F. (2020). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode silih tanya berbantuan kartu model dan metode make a match. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 32–43.
Mel, S. (2017). Ways To Make Training Active.
Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis pemahaman konsep aljabar pada mata kuliah aljabar linear elementer. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 42–52.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Rahim, H. (2016). Perbandingan strategi student recap dan topical review dilihat dari hasil belajar materi persamaan kuadrat siswa kelas X MAN Harunai Kabupaten Tabalong Tahun Pelajaran 2015/2016. IAIN Antasari Banjarmasin.
Rini, R. P. (2020). Wawancara.
Rosida, L. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran jeopardy review terhadap kemampuan berpikir kritis kelas IV mata pelajaran IPA SD N 1 Sukamulya Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
Sari, A. P. (2016). Perbandingan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar dengan pendekatan scafolding dan pendekatan realistik pada peserta didik kelas VII SMPN Makassar 2015/2016. UIN Alauddin Makassar.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidian: kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tsani, T. F. (2017). Implementasi pelaksanaan metode topical review dan learning journals dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. STAIN Kudus.
Yulianah, L., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berbantuan media schoology. Jurnal Derivat, 7(1).
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).