PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOX BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran perlu dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran media pembelajaran yang memiliki kriteria valid, efektif, dan praktis. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan prosedur model 4D, yang terdiri dari Define, Design, Develop, Disseminate. Penelitian ini menggunakan subjek sejumlah 24 peserta didik yang berasal dari kelas VII 3 MTsN Barru, Kab. Barru pada semester ganjil. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi media, lembar observasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dengan teknik analisis deskriptif diperoleh tingkat kevalidan V= 0,89 dapat dikatakan telah valid dan layak digunakan. Tingkat kepraktisan diperoleh >50% dari respon peserta didik. sedangkan tingkat keefektifan diperoleh 80% peserta didik mendapatkan tes hasil belajar yang memuaskan sehingga dapat meningkatkan dan memecahkan masalah peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran Pop Up Box berbasis problem solving yang dikembangkan dapat memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Abstract
Learning media as a tool in the learning process needs to be developed according to students' characteristics. The purpose of carrying out this research is to determine the description of learning media that has valid, effective, and practical criteria. The development of this learning media uses the 4D model procedure, which consists of Define, Design, Develop, Disseminate. This study used the subject of a total of 24 students from class VII 3 MTsN Barru, Kab. Barru in odd semester. Data collection was carried out using media validation sheets, observation sheets, student response questionnaires, and learning outcomes tests. The results of research with descriptive analysis techniques obtained the validity level V = 0.89 can be said to have been valid and fit for use. The level of practicality is obtained> 50% of the responses of students. while the level of effectiveness obtained 80% of students get a satisfactory learning outcome test so that it can improve and solve students' problems. Based on the research that has been done, the Pop Up Box learning media based on problem solving developed can meet the criteria of validity, practicality, and effectiveness.
Downloads
References
Aisyah, A. M. (2018). Pengembangan media pop up box pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang.
Ali, M. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Ariskasari, D. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis problem solving polya pada materi vektor. UIN Raden Intan Lampung.
de León, A. B., Saorin, J. L., de la Torre-Cantero, J., Meier, C., & Marrero, E. G. (2019). The classroom as a makerspace: use of tablets and cutting plotter to create pop-up cards in educational environments. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(10), 116–131. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i10.10284.
Departemen Agama RI. (2017). Al-Qur’anul Karim Terjemahan & 319 Tafsir Tematik. Bandung: PT. Cordoba Internasional-Indonesia.
Dewani, H. W., Kisyani, & Hendratno. (2020). Development of media pop up card folklore to improve the critical reading skills of grade-IV students elementary school. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(1), 901–907. Retrieved from https://www.ijisrt.com/development-of-media-pop-up-card-folklore-to-improve-the-critical-reading-skills-of-gradeiv-students-elementary-school.
Djamarah, S. ., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriyanti, F., Rudibyani, R. B., & Sofia, E. (2017). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 199–211. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.46.
Fibriani, L., Damris, M., & Risnita, R. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v3i1.1760.
Fitria, A. D. (2017). Pengembangan media gambar berbasis potensi lokal pada pembelajaran materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN 1 Pitu Riase Kab. Sidenreng Rappang. Diss Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 14–28.
Ikbal, M. S., & Khuzaimah, A. U. (2020). Pengembangan modul pembelajaran IPA fisika berbasis Pop-up Book. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 8(No 1), 53–60. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0Ap-ISSN
Jusniar, Side, S., & Anwar, M. (2014). Pengembangan perangkat assesment berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) pada mata kuliah praktikum kimia fisika II. J.Pen.Pend.Kim, 1(1), 35–42. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/2382/1256.
Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. (2018). Kotak pop-up berbasis problem solving: pengembangan media pembelajaran pada materi cahaya dan alat-alat optik untuk kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847.
Muslimin, S., Rafiqah, R., & Ikbal, M. S. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnosains dengan model penalaran kausal untuk memecahkan masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 8–16. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a2
Ningsih, W. K., Riyanto, Y., & Suyanto, T. (2019). The development of pop up 3d general map using discovery learning models to improve creativity and learning outcomes of social studies grade V elementary school. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(7), p9172. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.07.2019.p9172.
Nugroho, A., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII materi gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1769/1265.
Nurfillaili, U., Yusuf, M., & Santih, A. (2016). Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA Negeri Khusus Jeneponto Kelas XI Semester I. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 83–87. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.
Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 72–81. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183.
Rachmawati, E., Pramesti, G., Chrisnawati, H. E., & Fitriana, L. (2019). Developing of the module based on the smash book by pop up with polyhedron’s subject matter to improve students learning outcomes in mathematics. AIP Conference Proceedings, 2194(1), 020094-1-020094–020097. https://doi.org/10.1063/1.5139826.
Rafiqah. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme. Makassar: Alauddin University Press.
Retnawati, H. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir (Panduan untuk peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Romanvican, M. G., Mundilarto, Supahar, & Istiyono, E. (2020). Development learning media based traditional games engklek for achievements mastery of the material and tolerance attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 12044. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012044.
Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan media belajar pop-up book pada materi minyak bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8431.
Setyawan, D. (2014). Penerapan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas II SDN 1 Wonoharjo Kemusu Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.
Sinurat, M., Syahputra, E., & Rajagukguk, W. (2015). Pengembangan media pembelajaran matematia berbantuan program flash untuk meningkatkan kemampuan matematik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Tabulasarasa, 12(2), 1–12.
Suarti, Qaddaf, M., Rivai, I. N. A., & Jusriana, A. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis, elastisitas dan hukum Hooke. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 42–52. Retrieved from http://journal.uin-lauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/12509
Sudijono, A. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wamalwa, E. J., & Wamalwa, E. W. (2014). Towards the utilization of instructional media for effective teaching and learning of english in Kenya. Journal of Education and Practice, 5(31), 2222. Retrieved from https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/16698.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).