ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN
Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik terhadap pokok bahasan garis singgung lingkaran di SMP Al-Islam Benteng Tellue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang dipadukan dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 10 orang peserta didik di kelas VIII SMP Al-Islam Benteng Tellue. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran yaitu kesulitan pemahaman maksud soal yang tergolong rendah; kesulitan pemahaman konsep yang tergolong tinggi; kesulitan proses perhitungan yang tergolong rendah.
Abstract
The background of this research is the low achievement of students' mathematics learning outcomes on the subject of circle tangent at SMP Al-Islam Benteng Tellue. This study aims to determine the difficulties experienced by students in solving the tangents to circles. The research approach used is a qualitative approach combined with a descriptive type of research. The research subjects were 10 students in class VIII SMP Al-Islam Benteng Tellue. Data was collected using the test and interview methods. Data were analyzed descriptively. The results of the study indicate that the difficulties experienced by students in solving the questions of the tangent line of the circle are the difficulties in understanding the meaning of the questions are classified as low; the difficulty of understanding the concept is high; the difficulty of the calculation process is low.Downloads
References
Darsa, D. Y., Nasir, M., & Rusydi. (2020). Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kalor menggunakan teori Polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 2019(2), 5–10.
Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Jurnal PRIMATIKA, 9(2), 61–70.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 315–322.
Elvina, A., Safrudin, N., Wahyuningsih, & Rusdin, M. E. (2021). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan persamaan garis singgung lingkaran. Jurnal Birunimatika, 1(1), 13–22.
Kristianingsih, R., & Ratu, N. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menyelesaikan soal materi garis singgung lingkaran 1. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 135–142.
OECD. (2018). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. http://www.oecd.org/pisa/
Saleh, A. N. Al, Husniati, A., & Gaffar, A. (2021). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi pola bilangan ditinjau dari perbedaan gender siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Makassar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(20), 19–25.
Saputri, S., Ningsih, E. F., & Widyawati, S. (2017). Analisis kesulitan anak tunagrahita dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan di sekolah luar biasa (SLB) harapan ibu metro. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 187–200.
Sirri, E. L., Ratnaningsih, N., & Mulyani, E. (2020). Analisis Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari tipe kepribadian. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 46–56.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Utami, N. D. (2017). Kesulitan pada siswa kelas xi dalam menyelesaikan soal geometri ditinjau dari level berpikir. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
Wulandari, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan pada siswa sma. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 571–578. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.571-578
Zainudin, M., Utami, A. D., & Noviana, S. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal peluang ditinjau dari koneksi matematis. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 41–48.
Zulhayadi. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam memahami konsep persamaan garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Muarasipongi. Insttitut Agama Islam Negeri.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).