Analisis Nilai Pendidikan Karakter Sosial dalam Buku Siswa K-13 Akidah Akhlak Kelas V MI

  • Nur Islamiatul Anisa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Amri Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Syamsudduha Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Damayanti Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Salahuddin Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: character education, moral creed, social character

Abstract

This study aims to describe the material, learning steps, and evaluation sheets of students in the book K-13 moral creed class V publishers of the Directorate of KSKK Madrasah Directorate General of Islamic Education Ministry of 2020. This research uses a qualitative research type with content analysis techniques and semiotic, sociological, theology, and pedagogy. Using primary and secondary data sources. The research method is documentation in the form of books and other documents. Data processing techniques; coding, classification, analysis and descriptive stages. Data validation technique is source triangulation. The results of the study show that the social character education contained in the moral creed book for class V MI contains social care, friendship/communication and peace-loving values.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 35–48.

Arrifa, S. N., & Zulfiati, H. M. (2021). Analisis nilai karakter pada buku siswa tematik muatan IPS kelas IV sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1292–1296. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11138

Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis nilai-nilai karakter pada buku guru dan buku siswa kelas IV semester 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 226–239. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378

Bungin, B. (2017). Metodologi penelitian kualitatif: aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer. Rajawali Pers.

Dakir. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. K. Media.

Danawati, M. G., Regina, B. D., & Mukhlishina, I. (2020). Analisis nilai karakter pada buku siswa tematik sekolah dasar berorientasi pendidikan karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 8(1), 60–70. https://doi.org/10.22219/jp2sd

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223–234. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Qiara Media.

Johansyah. (2011). Pendidikan karakter dalam Islam; Kajian dari aspek metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85–103. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.63

Kurniawan, R. R. (2019). Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI. UIN Raden Intan Lampung.

Mahdum. (2020). Akidah Akhlak Kelas V. Cetakan Ke-1. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian RI.

Muhsinin. (2013). Model pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam untuk membentuk karakter siswa yang toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 205–228. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.751

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Rosdiana. (2017). Prinsip dasar pendidikan anak menurut perspektif al-qur’an. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 105–120. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4131

Samrin. (2016). Pendidikan karakter (sebuah pendekatan nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143. https://doi.org/10.31332/atdb.v9i1.505

Srimawirya, S., Musaddat, S., Jaelani, A. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Analisis nilai pendidikan karakter pada materi cerita pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 1–10.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. PT. Citra Aji Parama.

Suwardani, N. P. (2020). QUO VADIS Pendidikan Karakter: dalam merajut harapan bangsa yang bermartabat. Unhi Press.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6 (26 Juli 2023).

Wawan S, J.H. (2020, 21 Februari). Sekolah Ungkap Investigasi Viral Siswa SD Opname Diduga Korban Bullying. Diakses pada 14 September 2021., dari https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4909030/sekolah-ungkap-investigasi-viral-siswa-sd-opname-diduga-korban-bullying

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.

Wiyani, N. A. (2020). Manajemen program pembiasaan untuk membentuk karakter mandiri pada anak di PAUD Banyu Belik Purwokerto. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 29–42. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7044

Published
2023-09-11
How to Cite
Anisa, N. I., Amri, M., Syamsudduha, S., Damayanti, E., & Salahuddin. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Sosial dalam Buku Siswa K-13 Akidah Akhlak Kelas V MI. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(2), 80-90. https://doi.org/10.24252/asma.v5i2.37879
Section
Artikel
Abstract viewed = 106 times