Pengaruh Media Jembatan Pelangi terhadap Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini

  • A. Mulkaida Istiqamah Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dahlia Patiung Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Rusdi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Shabir U Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muljono Damopolii Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Rainbow bridge media is a learning media that presents educators' messages in pictures, letters, and numbers, which can help students develop their cognitive aspects. This research aims to determine whether the use of Rainbow Bridge media affects the development of cognitive aspects of early childhood. This research is experimental research with a pretest-posttest design. The population in this study were all students at Nurul Taqwa Tokombeng Kindergarten and Al-Ikhlas Kindergarten, with a total of 45 students. The sample was 13 class B students at Nurul Taqwa Tokombeng Kindergarten and 13 class B students at Al-Ikhlas Kindergarten. The instruments used were observation sheets on cognitive aspects of children aged 5-6 years and observation sheets of rainbow bridge media. The analysis techniques used are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The research results show that using rainbow bridge media influences the development of students' cognitive aspects.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, J. R. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Ali, M. (1993). Strategi penelitian pendidikan. Bandung: Angkasa.

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252–260. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Damayanti, E., AR, U. M., & Ismawati, I. (2020). Analisis capaian perkembangan sosial anak usia 11 bulan berdasarkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.686

Darutam, A. G. (2019). Media pembelajaran interaktif siraja sinay aksara jawa berbasis aplikasi 2D (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Elytasari, S. (2017). Esensi metode montessori dalam pembelajaran anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 59–73. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i1.2045

Evianti, E., & Atika, A. R. (2021). Pengembangan kognitif anak usia dini melalui media flashcard. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 55–62. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV sekolah sebagai media pembelajaran di tk dalam meningkatkan kreativitas guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 813–816. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.486

Khadijah, K., Hasibuan, N. H., Nst, N. T., & Siregar, A. S. (2022). Analisis deteksi dini dan stimulasi perkembangan anak usia 5-6 tahun di TK El-Banna. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 326–332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5226

Latif, M., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana.

Latif, M., Zukhairini, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Lestari, B., Ali, S., & Supriyatinto. (2017). Statistika bisnis. Bandar Lampung: Aura.

Nurhasanah, D., & Amini, F. A. A. (2018). Upaya meningkatkan minat belajar anak melalui media gambar. Tarbiyah Al-Aulad, 3(I), 37–48.

Pratiwi, H. R., & Ismaniati, C. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(4), 130-139. http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v4i2.11735

Sahriana, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan kognitif anak melalui media kartu berpasangan pada kelompok B TK Wulele Sanggula 2 Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 108-117. http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v1i2.4677

Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Susanto, A. (2014). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Uce, L. (2017). The golden age: masa efektif merancang kualitas anak Loeziana. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Sari, H. M. (2020). Analisis pengembangan kognitif dan emosional anak kelompok bermain berbasis kawasan pesisir pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711

Zaman, B., & Eliyawati, C. (2010). Media pembelajaran anak usia dini. UPI.

Zulianda, W., Muda, I., & Jamil, B. (2020). Efektivitas pelaksanaan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di TK Dewantara Titi Kuning kecamatan Medan Johor. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1), 60–67. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i1.187

Published
2023-11-29
How to Cite
Istiqamah, A. M., Patiung, D., Rusdi, M., U, M. S., & Damopolii, M. (2023). Pengaruh Media Jembatan Pelangi terhadap Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(2), 153-162. https://doi.org/10.24252/asma.v5i2.41572
Section
Artikel
Abstract viewed = 69 times