Persepsi Siswa Terhadap Perilaku Menyimpang dalam Ajaran Islam di MTs Al-Khaeriyah Murante

  • Fidyasari UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Akilah Mahmud Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Ajaran Islam, Persepsi Siswa, Perilaku Menyimpang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai persepsi siswa terhadap perilaku menyimpang di MTs Al-Khaeriyah Murante. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori perilaku menyimpang yang dilakukan siswa di sekolah tersebut: kategori ringan seperti merokok, memakai seragam yang tidak sesuai, dan berkelahi; dan kategori berat seperti pencurian dan pornografi. Tanggapan siswa terbagi menjadi dua kelompok: siswa yang pernah melakukan perilaku menyimpang dan siswa yang tidak. Siswa yang pernah melakukan perilaku menyimpang cenderung menganggap bahwa perilaku ringan masih bisa dimaklumi, tetapi perilaku berat perlu mendapat hukuman yang setimpal. Sementara itu, siswa yang belum pernah melanggar aturan berpendapat bahwa aturan harus dihormati untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Guru-guru di sekolah tersebut prihatin dengan perilaku siswa yang melanggar aturan dan berharap agar siswa tetap mematuhi aturan sekolah untuk menjadi pribadi yang baik di masa depan. Sanksi yang diberikan oleh sekolah dan guru termasuk memberikan arahan kepada siswa pelanggar dan dalam kasus pelanggaran berat, bisa berujung pada pengeluarkan siswa dari sekolah.

References

Chumaerah A, F., Penyimpangan Perilaku Sosial Dalam Perspektif Analisis Interaksi Simbolik (Kajian Terhadap Pelanggaran Tata Tertib di SMA Negeri 4 Bulukumba), Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019.
Hajir Nonci, M., Pembentukan Karakter Anak Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Basic Sosial, Vol. V, No. 1, 2020.
Hisyam, C. J., dkk, Sosiologi perilaku menyimpang, Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Jakarta, 2015.
Hidayat, R., dkk, Ilmu Pendidikan, Konsep, Teori dan Aplikasinya, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019.
Komarullah, D., Studi Tentang Perilaku Menyimpang Siswa di MTs. Sirajul Falah Parung dalam Analisis Perspektif Interaksi Sosial, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015.
Prastowo, R., Karakteristik Sosial Ekonomi dan Perilaku Kerja Perempuan Pedagang Asongan, Skripsi (Universitas Sebelas Maret, 2008
Rakhmat, J., Psikologi Komunikasi, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Saleh, A. R., Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Penerbit Kencana, 2004.
Sumanto, Psikologi Umum, Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS), 2014.
Walgito, B., Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset, 2004.
Published
2024-02-27
How to Cite
Fidyasari, & Mahmud, A. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Perilaku Menyimpang dalam Ajaran Islam di MTs Al-Khaeriyah Murante. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 26(1), 157-177. https://doi.org/10.24252/jumdpi.v26i1.45900
Section
Artikel
Abstract viewed = 117 times