Hubungan Antara Self Control dan Social Interaction Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar
Abstrak
Penelitianinibertujuan menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan antara Self Kontroldan Social Interactiondengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika. Penelitiandilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.Variabelpenelitianyaitu Self Kontroldan Social Interaction, dan Perilaku Sosial Mahasiswa.Populasi penelitian yaituangkatan 2009, 2010, 2011 dan 2012.Tekhnik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling.Pengambilan sampel berdasarkan tingkatan diambil secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan, analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata Self Kontroladalah 90,95 dan skor rata-rata Social Interactionadalah 94,12 masing-masing skor berada pada kategori cukup. Serta skor rata-rata Perilaku Sosial Mahasiswa adalah 106,98 yang berada pada kategori cukup. Analisisinferensial menunjukkan nilai Fhitung=1574,65 sedangkan Ftabelpada taraf signifikansi 5% adalah 3,18. Dengan demikian, nilai Fhitunglebih besar dari pada nilai Ftabelmaka H0ditolak, artinya terdapat Hubungan yang signifikan antara Self Kontroldan Social Interactiondengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fiska UIN Alauddin Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bachri Thalib, Syamsul. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Danim Sudarman. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Darusunnah.
Gerungan, W.A. 2010. Psikologi Sosial. Cet. Ketiga. Bandung: Refika Aditama.
Hurlock, E.B. 1973. Adolecent Development, Tokyo: McGraw-Hill, Kogakusha, Ltd.
Kazdin, A.E. 1994. Behavior Modification: In applied Setting. Monterey, California: Cole Publishing Comp.
Lazarus, R.S. 1976. Paterns of Adjusment, Tokyo: McGraw-Hill, Kogakusha, Ltd..
Partowisastro, H. Koestoer. Dinamika Psikologi Sosial. Cet.I. Jakarta: Erlangga, 1983.
Philipus, Ng. 2009. Sosiologi dan Politik. Jakarta: Rajawali Pers.
Ridwan. 2008. Belajar Lebih Mudah untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Soekanto, Soerjono. 2005. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo persada,
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Cet I. Jakarta: Kencana.
Subagyo, P. Joko, S.H. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Undang-undang Sisdiknas. 2011. Sistem pendidikan nasional; Jakatra: Sinar Grafika,
Walgito, Bimo. 1995. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]