Implemetasi Konsep Adiwiyata dalam Pembelajaran Fisika SMAN 10 Bulukumba
Abstrak
Program Adiwiyata merupakan program yang disusun pemerintah dalam dunia pendidikan dan mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup. SMA Negeri 10 Bulukumba merupakan sekolah yang telah menerapkan program adiwiyata. Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui implementasi kebijakan kurikulum terkait konsep adiwiyata dalam pembelajaran fisik2) Untuk mengetahui implementasi guru dalam prosespembelajaran fisika terintegrasi konsep adiwiyata. 3) Untuk mengetahui perilaku siswa dalam pembelajaran fisika dengan integrasi konsep adiwiyat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode Etnografi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dokumentasi, triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dilakukan dengan analisis data domain dan taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan kurikulum adiwiyata dalam pembelajaran fisika mengacu kepada program pendidikan, seperti standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan,standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayan pendidikan, standar penilaian pendidikan. Implementasi mata pelajaran fisika berwawasan lingkungan diintegrasikan pada mata pelajaran fisika melalui kegiatan pembelajaran dikelasdengan adanya pemecahan masalah lingkungan dengan menggunakan konsep fisikadan diluar kelas, dilaksanakan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran fisika. Tetapi tidak semua materi fisika dapat diintegrasikan dengan lingkungan,hanya terbatas pada materi tertentu. perilaku peserta didik dalam pembelajaran Adiwiyata dilihat dari pembelajaran siswa memiliki sikap peduli lingkungan serta merubah kebiasaan peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai karakter untuk menjaga lingkungan sekitar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers
Francel, Wallen 2008 . Desain and evaluate Research in education. San Fransico. Mc Gew hill..
Fridantara, A. S. 2014. Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Klaten. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Jogjakarta, Yogjakarta
Hidayanti, Nanik Tukimin T, dan Hartuti P. 2013. Perilaku warga sekolah dalam program adiwiya di SMA Negeri 2 Semarang. Jurnal sekolah adiwiyata(2013)hal1-150)
Moleong, Lexy. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Monalisa. 2013. Program Adiwiyata dalam pengelolaan lingkungan sekolah di SMPN 24 Padang. Jurnal Sekolah Adiwiyata(2013)hal 1/9.(http://ejournal.unp.ac.id/) Diakses pada 5 Mei 2016
Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Septi. 2012. Aspek pemahaman. Diakses pada 5 mei 2016 dari ppbesp.weebly.com/penilaian-rpp-smama.html
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung
Sukmadinata. 2012. Metode penelitian pendidikan.Bandung: UPI
Syukri, Hamzah. 2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung: PT Refika Aditama
Tim Adiwiyata Nasional. Buku Panduan Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. .Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]