Implemetasi Konsep Adiwiyata dalam Pembelajaran Fisika SMAN 10 Bulukumba

  • A. Eka Fitrianti Hasan
  • Suarti Suarti UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ummul Hasanah
Kata Kunci: Buletin, Militigasi, Gempa Bumi, Integrase Al-Quran

Abstrak

Program  Adiwiyata  merupakan  program  yang    disusun  pemerintah  dalam dunia  pendidikan  dan  mewujudkan  warga  sekolah  yang  bertanggung  jawab dalam  upaya  pengelolaan  lingkungan  hidup.  SMA  Negeri  10 Bulukumba merupakan sekolah  yang telah  menerapkan program adiwiyata. Tujuan dari penelitian    ini    adalah:1)    Untuk    mengetahui    implementasi    kebijakan kurikulum  terkait  konsep  adiwiyata  dalam  pembelajaran  fisik2)  Untuk mengetahui implementasi guru dalam prosespembelajaran fisika terintegrasi konsep adiwiyata. 3) Untuk mengetahui perilaku  siswa dalam pembelajaran fisika dengan integrasi konsep adiwiyat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif    deskriptif    dengan    metode    Etnografi.    Pengumpulan    data menggunakan   wawancara,   observasi   dokumentasi,   triangulasi.   Teknik analisis  data  yang  digunakan    pada  penelitian  ini  adalah  dilakukan  dengan analisis  data domain dan taksonomi. Hasil penelitian   menunjukkan  bahwa Kebijakan kurikulum adiwiyata dalam pembelajaran fisika mengacu kepada program  pendidikan,  seperti  standar  kompetensi  kelulusan,   standar   isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan,standar sarana dan prasarana,   standar   pengelolaan,   standar   pembiayan   pendidikan,   standar penilaian   pendidikan.   Implementasi   mata   pelajaran   fisika   berwawasan lingkungan   diintegrasikan   pada   mata   pelajaran   fisika   melalui   kegiatan pembelajaran   dikelasdengan   adanya   pemecahan   masalah   lingkungan dengan  menggunakan  konsep  fisikadan  diluar  kelas,  dilaksanakan  dengan pemanfaatan  lingkungan  sekolah  sebagai  laboratorium  pembelajaran  fisika. Tetapi  tidak  semua  materi  fisika  dapat  diintegrasikan  dengan  lingkungan,hanya   terbatas   pada    materi   tertentu.   perilaku   peserta   didik   dalam pembelajaran  Adiwiyata  dilihat  dari  pembelajaran  siswa  memiliki  sikap peduli    lingkungan    serta    merubah    kebiasaan    peserta    didik    dengan menanamkan nilai-nilai karakter untuk menjaga lingkungan sekitar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Referensi

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers

Francel, Wallen 2008 . Desain and evaluate Research in education. San Fransico. Mc Gew hill..

Fridantara, A. S. 2014. Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Klaten. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Jogjakarta, Yogjakarta

Hidayanti, Nanik Tukimin T, dan Hartuti P. 2013. Perilaku warga sekolah dalam program adiwiya di SMA Negeri 2 Semarang. Jurnal sekolah adiwiyata(2013)hal1-150)

Moleong, Lexy. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Monalisa. 2013. Program Adiwiyata dalam pengelolaan lingkungan sekolah di SMPN 24 Padang. Jurnal Sekolah Adiwiyata(2013)hal 1/9.(http://ejournal.unp.ac.id/) Diakses pada 5 Mei 2016

Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Septi. 2012. Aspek pemahaman. Diakses pada 5 mei 2016 dari ppbesp.weebly.com/penilaian-rpp-smama.html

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung

Sukmadinata. 2012. Metode penelitian pendidikan.Bandung: UPI

Syukri, Hamzah. 2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung: PT Refika Aditama

Tim Adiwiyata Nasional. Buku Panduan Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. .Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Diterbitkan
2021-10-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 327 times