PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA STATIS, ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis profil Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis, elastisitas, dan hukum hooke yang valid dan reliabel. (2) Menganalisis penilaian guru dan respon peserta didik terhadap Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis, elastisitas, dan hukum hooke.Model yang digunakan yaitu model4-D (Define, Design, Develop, Disseminate).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian pada tim ahli/pakar menunjukkan bahwa rata-rata skor perangkat LKPD sangat valid dan reliablel,hal ini dapat dilihat berdasarkan skor rata-rata yaitu 3,94 dengan koefisien validasi sebesar 98,5 % dan koefiseien konsitensi internal 95,8%, hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan secara konseptual sudah layak untuk digunakan. Hasil penelitian juga menunjukkan persentase penilaian kualitas LKPD oleh guru menunjukkan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 85% artinya guru dapat menggunakan dan menerima LKPD tersebut untuk digunakan dalam proses pembelajaran, begitupun dengan persentase hasil respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan menunjukkan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 82% yang artinya peserta didik memberikan respon postif terhadap LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis, elastisitas, dan hukum hooke layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Fadillah. M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI SMP/MTs dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Kementrian Pendidikan nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Balitbang.
Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulim 2013. Jakarta : Kemendikbud.
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Tersedia http://www.paudni.kemendikbud.go.id
Permendikbud No.69 Tahun 2013 tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pribadi, A. Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Ruslan. 2009. Validasi Isi Pa’bbiritta (ISSN: 1829-6334). Makassar: LPMP Sulawesi-Selatan
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara : Jakarta
Sudjiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharto. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan : Jakarta
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep Landasan, Dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.