PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARING BERBANTUAN LEARNING MANAJEMEN SYSTEM EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Lorna Ichnatun UIN Alauddin Makassar
  • muhammad Qaddafi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ferawati Jafar UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelas X IPA 1 SMA Tri Tunggal 45 Makassar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Learning Manajemen System (LMS) Edmodo pada pokok bahasan momentum dan impuls. untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelas X IPA 2 SMA Tri Tunggal 45 Makassar yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Learning Manajemen System (LMS) Edmodo pada pokok bahasan momentum dan impuls. untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas X IPA SMA TRI Tunggal 45 Makassar yang diajar dan tidak diajar dengan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Learning Manajemen System (LMS) Edmodo dan model konvensional pada pokok bahasan momentum dan impuls Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only postes only control group design. Hasil penelitian ini diperoleh t_hitung= 3,464 > t_tabel= 1,67. Hal ini menunjukan bahwa H₀ ditolah dan H₁ diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas X IPA SMA Tri Tunggal 45 Makassar yang diajar dan tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan learning manajemen system (LMS) Edmodo pada pokok bahasan momentum dan impuls

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lorna Ichnatun, UIN Alauddin Makassar
UIN Alauddin Makassar
Andi Ferawati Jafar, UIN Alauddin Makassar
UIN Alauddin Makassar

References

Arsyad, Ashar. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Rajagrapindo Perseda. 2007

Badan Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, Kemdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) Online. Http://Kbbi.Web.Id/Hasil.Html (Diakses 01 05 2018).

Depertemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fraenkel, Jack R & Norman E. Wallen, How to Design and Evaluate Research in Eduacation (New York: McGraw-Hill, 2009): Depdiknas. 2003.

Fraenkel, Jack R & Norman E. Wallen, How to Design and Evaluate Research in Eduacation (New York: McGraw-Hill, 2009)

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemahan, Edisi Tahun 2010. Banjarsari Solo: Abyan. 2014

Putri, Suci Utami. “Pengembangan Desikn Blended Learning Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Biologi Program Dual Mode”. Jurnal Pasca Sarjana Upi. 2012

Rosita, Nina. “Pengembangan E-Learning Dengan Edmodo Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Pada Materi Rangkaian Arus Searah”. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung. 2016.

Syahrin, Siti Alfi. “Pengembanga Media Blended Learning Berbasis Web Nhanced Course Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 Jurusa Fisika”. Skripsi Sarjana. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Unnes. Semarang. 2013.

Wardhana, Oki Aditya. Skripsi “Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 6 Yogyakarta”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2015

Wichadee, Saovapa. “Bangkok University. A Development of the Blended Learning Model Using Edmodo for Maximizing Students’ Oral Proficiency and Motivation”, The Internasional Jurnal Bangkok University, Bangkok, Thailan. Volume. 12, No 2, 2017: h. 137. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i02.6324 (Diakses 9 agustus 2019)

Published
2019-09-27
How to Cite
Ichnatun, L., Qaddafi, muhammad, & Jafar, A. F. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARING BERBANTUAN LEARNING MANAJEMEN SYSTEM EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 179-183. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.10368
Section
Articles
Abstract viewed = 863 times