PENGGUNAAN SOFTWARE SIMULASI ELEKTRONIKA SEBAGAI MEDIA BELAJAR POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan software simulasi elektonika sebagai media belajar pada pokok bahasan listrik dinamis terhadap keterampilan peserta didik Kelas X1 SMA Negeri 2 Polombangkeng Utara Kab. Takalar.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dengan menggunakan software simulasi elektronika diperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 79,02. Jika dikategorikan, 100,00% berada pada kategori keterampilan proses sains diatas rata-rata. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 5,29. Jika dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,171 maka dapat dinyatakan bahwa 5,29 > 1,171. Hal ini menunjukkan bahwa Ha pada penelitian ini diterima. Dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik kelas X1 mengalami peningkatan dari nilai standar KKM 75.Downloads
References
Ango L, Mary. 2002. Mastery Of Science Precess Skills and Their Effecrive Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in Nigerian Context. International Journal of Educology, Volume 16, No. 1.
Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati and Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Electronics Workbench
Fraenkel, J. R., Norman, E. W., & Helen, H. H. 2009.How to Design and Evaluate Research in Education. 7th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
National Instruments Electronics Workbench Grup
Oemar Hamalik. (2009). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rustaman, Nuryani dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetakan ., Malang: Universitas Negeri Malang.
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
SumantridanPermana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarat: Rineka Cipta
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.