PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TRHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemahaman konsep fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran pogil. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalen comparasi disgn. Subjek penelitiannya adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Sinjai tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara confonience sampling. Hasil penelitiannya yaitu adanya perbedaan yang signifikan antara kelas yang diajar dan yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL).
Downloads
References
Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta, 123.
Departemen Agama, R. I. (2013). Alqur’an dan Terejemah. Bandung J-ART.
Hanib, M. T., Suhadi, S., & Indriwati, S. E. (2017). Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 22–31.
Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 140–148.
Jafar, A. F. (2019). Implementasi Strategi Belajar Kooperatif Murder Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 26–30.
Margiastuti, S. N., Parmin, P., & Pamelasari, S. D. (2015). Penerapan model guided inquiry terhadap sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa pada tema ekosistem. Unnes Science Education Journal, 4(3).
Nurazmi, N. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN MULTI-REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 127–132.
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975
Rafiqah, R., Amin, F., & Wayong, M. (2019). Pengaruh Learning Cycle Berbasis Metode Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 133–139.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.