PENGARUH PEMANFAATAN MULTIMEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

  • Ali Umar Dani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syaifuddin Arief UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Hasil Belajar, Articulate Storyline

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika setelah diajar menggunakan pembelajaran berbasis multimedia articulate storyline,untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika sebelum di ajar menggunakan pembelajaran berbasis multimedia articulate storyline, untuk menganalisis peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berbasis multimedia articulate storyline terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperiment dengan desain one group pretest posttest Design. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMAN 9 Luwu Timur tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest hasil belajar yaitu 46,18. Sedangkan nilai rata-rata posttest hasil belajar yaitu 76,22. Hasil analisis inferensial berdasarkan hasil perhitungan statistik uji t test berpasangan, diketahui bahwa thitung -17,454 dan ttabel dengan df sebesar 26 adalah 2,056. Perbandingan antara thitung dan ttabel yakni -thitung -17,454 < -ttabel -2,056 dengan nilai probabilitas (sig) 0,00 lebih kecil dari 0,005. Dari perbandingan tersebut diambil kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti terjadi peningkatan terhadap hasil belajar dari pretest ke posttest setelah diberikan perlakuan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

Referensi

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Aidiansyah, M. R., Wiguno, L. T. H., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(4), 154–166.

Andrianto, H., & Darmawan, A. (2016). Arduino; Belajar Cepat dan Pemrograman.

Brahim, T. K. (2007). Peningkatan hasil belajar sains siswa kelas IV sekolah dasar, melalui pendekatan pemanfaatan sumber daya alam hayati di lingkungan sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur, 9(6), 37–49.

Fatimah, S., Serevina, V., & Sunaryo, S. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis I-Sets Berbantuan Articulate Storyline Pada Materi Gelombang Cahaya. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-journal), 9, SNF2020PF-15.

Hasbullah, H. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi revisi. Rajawali Pers.

Indrawati, M. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(02).

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Maskur, S. P. I. (2015). Manajemen Humas Pendidikan Islam: Teori dan Aplikasi. Deepublish.

Midroro, J. N., Prastowo, S. H. B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Sma Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal pembelajaran fisika, 10(1), 8–14.

Muslimin, B., Hidayat, M. Y., & Anggereni, S. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Berbasis Taksonomi Bloom. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 96–101.

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380–2391.

Oka, G. P. A. (2017). Media dan multimedia pembelajaran. Arya Oka.

Prayitno, H., Siregar, M. A., Yusdartono, M. H., Idris, I., & Khair, R. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Radio Theory I Berbasis Multimedia Animasi. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 4(2), 70–78.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Ridwan, Y. H., Zuhdi, M., Kosim, K., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 103–108.

Rosady, M. M., & Santoso, B. (2021). Pengembangan Media Interaktif Gerakan Yoga Berbasis Mobile Android Menggunakan Metode User Centered Design. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(3), 538–549.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudirman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Indonesia.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Syabri, K. I., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95–99.

Wijayanti, W., & Prayitno, T. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 515–522.

Diterbitkan
2023-01-08
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 456 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##