The Effectiveness Of Application Of Cooperative Learning Model CRH (Course Review Horay) Assistant Video About Animation On Achievement and Learning Outcomes Of Physics
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan gambaran prestasi dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model CRH (Course Review Horay) berbantuan video soal animasi pada peserta didik kelas XI MIA SMAN 6 Takalar. 2) Mendeskripsikan gambaran prestasi dan hasil belajar fisika peserta didik yang tidak diajar dengan menggunakan model CRH (Course Review Horay) berbantuan video soal animasi pada peserta didik kelas XI MIA SMAN 6 Takalar. 3) Mendeskripsikan apakah model CRH (Course Review Horay) berbantuan video soal animasi efektif terhadap prestasi dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 6 Takalar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian the non equivalen post-test only control group design. Penelitian ini bertempat di SMAN 6 Takalar dengan populasi 99 orang dari kelas XI MIA dan yang menjadi sampel sebanyak 62 orang dari kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 83,4 pada kategori sedang, nilai rata-rata tes hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 58,5 pada kategori baik dan cukup. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas kontrol sebesar 77,5 pada kategori sedang, nilai rata-rata tes hasil belajar kelas kontrol sebesar 42,42 pada kategori cukup. Implikasi pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai perbandingan maupun rujukan dalam mencari model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan prestasi dan hasil belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran fisika.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]