Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Eksperimen Fisika Dasar I
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and Development) dimana yang diinginkan adalah instrumen penilaian yang valid dan layak digunakan. Penelitian bertujuan (1) Untuk menganalisis hasil pengembangan instrumen penilaian kognitif praktikum Eksperimen Fisika Dasar I pada mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar secara teoritik dan empirik. Pengembangan instrumen penilaian mengacu pada desain pengembangan instrumen tes menurut Kaharuddin Arafah yang terdiri 7 langkah-langkah pengembangan yaitu: (1) Menentukan skala ukur, sasaran ukur dan konstruksi alat ukur, (2) Alat ukur hasil konstruksi, (3) Validasi isi, (4) Alat ukur sementara, (5) Sasaran ukur responden uji coba, (6) Reliabilitas, dan (7) Alat ukur siap pakai. Penelitian ini di uji coba di jurusan Pendidikan Fisika Semester I Angkatan 2021/2022 UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian diperoleh instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I secara teoretik menghasilkan sebanyak 51 item soal dengan reliabilitas 0,88 berada pada kategori valid. Sedangkan secara empirik menghasilkan 48 butir dengan reliabilitas 78% instrumen penilaian kognitif praktikum beserta rubrik penilaiannya memenuhi kriteria reliabilitas berdasarkan uji coba. Hasil penelitian diperoleh produk instrumen penilaian praktikum yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian yang baku di jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]