Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Eksperimen Fisika Dasar I

  • anas irwan
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and Development) dimana yang diinginkan adalah instrumen penilaian yang valid dan layak digunakan. Penelitian bertujuan (1) Untuk menganalisis hasil pengembangan instrumen penilaian kognitif praktikum Eksperimen Fisika Dasar I pada mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar secara teoritik dan empirik. Pengembangan instrumen penilaian mengacu pada desain pengembangan instrumen tes menurut Kaharuddin Arafah yang terdiri 7 langkah-langkah pengembangan yaitu: (1) Menentukan skala ukur, sasaran ukur dan konstruksi alat ukur, (2) Alat ukur hasil konstruksi, (3) Validasi isi, (4) Alat ukur sementara, (5) Sasaran ukur responden uji coba, (6) Reliabilitas, dan (7) Alat ukur siap pakai. Penelitian ini di uji coba di jurusan Pendidikan Fisika Semester I Angkatan 2021/2022 UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian diperoleh instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I secara teoretik menghasilkan sebanyak 51 item soal dengan reliabilitas 0,88 berada pada kategori valid. Sedangkan secara empirik menghasilkan 48 butir dengan reliabilitas 78% instrumen penilaian kognitif praktikum beserta rubrik penilaiannya memenuhi kriteria reliabilitas berdasarkan uji coba. Hasil penelitian diperoleh produk instrumen penilaian praktikum yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian yang baku di jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 199 times