Application Of Problem Solving Learning Model Through Lesson Study On Critical Thinking Ability Of Students At Yabt Manokwari Kristen High School
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran problem solving berbasis lesson study serta melihat kemampuan berpikir kritis peserta didik dan respon peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan model problem solving. Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen YABT Manokwari pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian lesson study dengan subyek penelitian yaitu pada kelas X IPA berjumlah 14 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian yang dipakai adalah tes berupa soal berpikir kritis, non tes berupa angket respon terhadap model pembelajaran dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif bepikir kritis, serta analisis angket respon terhadap model pembelajaran dengan pemodelan rasch. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi, soal berpikir kritis serta angket respon terhadap model pembelajaran. Hasil pelaksanaan lesson study selama pembelajaran siklus I dan siklus II memperlihatkan aktivitas pembelajaran teramati dengan baik serta menunjukkan adanya respon peserta didik yang baik, dan kemampuan berpikir kritis yang meningkat, dilihat dari hasil tes dan pengamatan observer. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal diketahui melalui analisis berpikir dimana dari nilai 4 indikator tersebut masuk dalam kriteria cukup dengan nilai rata-rata 49,92. Kemudian hasil angket respon peserta didik secara umum menunjukkan bahwa pada umumnya peserta didik memiliki respon yang baik terhadap pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]