Application Of Problem Solving Learning Model Through Lesson Study On Critical Thinking Ability Of Students At Yabt Manokwari Kristen High School

  • Novita Santi Astutik Papua University Physics Education
    (ID)
  • Sri Wahyu Widyaningsih Unipa
    (ID)
  • Iriwi L.S. Sinon Papua University Physics Education
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran problem solving berbasis lesson study serta melihat kemampuan berpikir kritis peserta didik dan respon peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan model problem solving. Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen YABT Manokwari pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian lesson study dengan subyek penelitian yaitu pada kelas X IPA berjumlah 14 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian yang dipakai adalah tes berupa soal berpikir kritis, non tes berupa angket respon terhadap model pembelajaran dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif bepikir kritis, serta analisis angket respon terhadap model pembelajaran dengan pemodelan rasch. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi, soal berpikir kritis serta angket respon terhadap model pembelajaran. Hasil pelaksanaan lesson study selama pembelajaran siklus I dan siklus II memperlihatkan aktivitas pembelajaran teramati dengan baik serta menunjukkan adanya respon peserta didik yang baik, dan kemampuan berpikir kritis yang meningkat, dilihat dari hasil tes dan pengamatan observer. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal diketahui melalui analisis berpikir dimana dari nilai 4 indikator tersebut masuk dalam kriteria cukup dengan nilai rata-rata 49,92. Kemudian hasil angket respon peserta didik secara umum menunjukkan bahwa pada umumnya peserta didik memiliki respon yang baik terhadap pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-03-08
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 101 times