Analysis Of Students' Ability In Solving Structured Description Problems Free Body Diagrams
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian terstruktur free body diagrams pada peserta didik kelas XI MIA, mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian terstruktur free body diagrams pada peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 11 Sidrap. Jenis penelitian ini yaitu mix method dengan 31 subjek penelitian dengan soal uraian terstruktur free body diagrams, lalu data hasil tes dianalisis untuk kemampuan menyelesaikan soal free body diagrams. setengah sampel diwawancarai. Kemudian dilanjutkan secara kualitatif mencari faktor kesulitan dari soal uraian terstruktur free body diagrams. Hasil penelitian kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian terstruktur free body diagrams pada peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 11 Sidrap rata-rata peserta didik memiliki kemampuan dalam kategori baik, yakni 18 orang. Faktor kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian terstruktur free body diagrams pada peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 11 Sidrap karena peserta didik kurang dalam memahami materi, rumus, penentuan arah panah gaya, soal bercabang, sulit menganalisis soal, dan tidak mengetahui aturan kerja soal. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam penentuan kebijakan meningkatkan kemampuan peserta didik menyelesaikan soal uraian terstruktur free body diagrams. Artinya diharapkan menjadi kontribusi dan sarana keilmuan bahan pertimbangan mengambil kebijakan atau keputusan kepala sekolah, tenaga pendidik untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menganalisis soal uraian
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]