PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERDASARKAN TEORI POLYA ANTARA KELAS XI MIA SMAN 7 DAN MAN 2 BULUKUMBA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan teori Polya kelas XI MIA SMAN 7 Bulukumba, mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan teori Polya kelas XI MIA MAN 2 Bulukumba, dan mengetahui perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan teori Polya kelas XI MIA SMAN 7 dan MAN 2 Bulukumba.
Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan desain kausal komparasi. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI MIA SMAN 7 dan MAN 2 Bulukumba. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan indikator Polya.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 7 Bulukumba yaitu 63,88. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Bulukumba yaitu 74,36. Berdasarkan hasil rata-rata yang diperoleh pada SMAN 7 dan MAN 2 Bulukumba, terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan teori Polya kelas XI MIA SMAN 7 dan MAN 2 Bulukumba.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]