Faktor yang Mepengaruhi Pemahaman International Financial Reporting Standards (Ifrs) pada Mahasiswa Akuntansi Uin Alauddin Makassar

  • M. Wahyuddin Abdullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, pengalaman belajar, perilaku belajar dan kualitas pengajaran dosen terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi tentang IFRS. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi UIN Alauddin Makassar, dengan metode penyampelan purposive sampling dan diperoleh 52 responden. Pengujian hipotesis menggunakan  regresi berganda.  Hasil pengujian membuktikan bahwa kesiapan belajar, perilaku belajar, dan kualitas pengajaran dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi tentang IFRS. Namun, pengalaman belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi tentang IFRS.

References

Andjani, S dan H. Adam. 2013 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol.1, No.1: 1-10.

Anonim, 2014. Dosen Wikipedia the free Encyclopedia. http://id. m.wikipedia.org/wiki/dosen, diakses 29 Agustus.

Asmawi, R.M. 2005. Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di PerguruanTinggi. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 9, No.3: 66-71.

Djahura, D. 2013. Pemahaman Sebagai Pernyataan Hasil Belajar, http://dirman-djahura.blogspot.com/favicon.ico, diakses 12 Desember.

Djahura, D. 2013. Pemahaman Sebagai Pernyataan Hasil Belajar, http://dirman-djahura.blogspot.com/favicon.ico, diakses 12 Desember.

Giri, E.F. 2008. Konvergensi Standar Akuntansi dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Kurikulum Akuntansi Dan Proses Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi Indonesia.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. V1. No. 2: 7–22.

Hanifah dan S. Abdullah. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi, Vol.1, No.3.

Hastuti, T.D. 2003. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol.11, No.3: 37-50.

Imannuar, K.V. 2012. Kesiapan Mahasiswa Dalam Menghadapi Konvergensi IFRS di Indonesia Tahun 2012. Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS.

Lestari, P dan I. Suparlinah. 2010.. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol 11 No 2: 144-152.

Liminetri. 2014. Defenisi Kesiapan Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. http://limenitri.blogspot.com/2012/05/kesiapan-bela jar.html, diakses 19 Februari.

Lunenbrug, F.C. 2011. Key Components of a Curriculum Plan: Objectives, Content, and Learning Experiences. Schooling, Vo. 2, No.:1-4.

Putri, N Kadek Sari E. 2011. Hubungan Kecerdasan Emosidan Kesiapan Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah ASKEB IBU I Mahasiswa Semester 11 di AKBID Mitra Husada Karangayar. Tesis. Magister Kedokteran PascasarjanaUniversitas Sebelas Maret, Solo.

Putri, T.R.S dan Harto.P. 2012. Persepsi Mahasiswa Akuntasi dan Akuntan Pendidik Terhadap Kompetensi yang Dibutuhkan Lulusan Akuntansi, Diponogoro Journal Of Accounting, Vol 1,No.2: 1-9.

Rachmi, F. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Sari, Dian A.P. 2011. Pengaruh Beberapa Faktor Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasioanal Veteran.

Sari, Yora.K. 2013. Pengaruh Pengendalian Diri dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. .Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Saputri, D. 2013. Pengaruh Kesiapan, Kemandirian dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi. FakultasEkonomiUniversitas Negeri Padang.

Tahar, F. 2012. Pengaruh Diskriminasi Gender dan Pengalaman Terhadap Profesionalitas Auditor. Skripsi. Makassar:Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar.

Published
2015-12-22
How to Cite
Abdullah, M. W. (2015). Faktor yang Mepengaruhi Pemahaman International Financial Reporting Standards (Ifrs) pada Mahasiswa Akuntansi Uin Alauddin Makassar. Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 249-260. https://doi.org/10.24252/.v5i2.1232
Abstract viewed = 932 times

Most read articles by the same author(s)

> >>