Efektifitas Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Biologi pada Pokok Bahasan Sirkulasi Darah Manusia Siswa Kelas 2 di MAN Binamu Jeneponto
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan, untuk mengetahui (1) bagaimana efektifitas penggunaan alat peraga dalam pembelajaran biologi dengan pokok bahasan sirkulasi darah manusia siswa kelas 2 di MAN binamu jeneponto (2) bagaimana penggunaan alat peraga dapat mengefektifkan pembelajaran biologi dengan pokok bahasan sirkulasi darah manusia siswa kelas 2 di MAN binamu jeneponto.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 MAN binamu jeneponto, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 IPA1 MAN binamu jeneponto, dengan jumlah responden sebanyak 29 siswa dan 1 orang guru. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui meode angket, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif berupa tabel yang menunjukkan persentase setiap item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga sangat efektif digunakan dalam pembelajaran biologi.
Hal ini ditunjukkan oleh jawaban siswa melalui angket dan hasil wawancara dengan guru biologi. Data tersebut umumnya menujukkan bahwa penggunaan alat peraga sangat efektif karena mempunyai banyak manfaat dalam pembelajaran biologi. Manfaat tersebut antara lain : (1) manambah motivasi siswa, (2) meningkatkan keingintahuan untuk memahami materi biologi, (3) meningkatkan hasil belajar siswa, (4) memberi pengaruh positif kepada siswa, (5) memberikan rasa senang kepada siswa untuk tetap belajar dan masih banyak manfaat yang lainnya.
Downloads
References
Arif Tiro, Dasar-dasar Statistik, Ujung Pandang: universitas Makassar, 1999).
Fathurrohman, Pupuh. Strategi Belajar Mengajar.Bandung; Refika Aditama, 2007
Munadi, Yudhi. Media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada, 2008.
Rachman, dedi M. Inti Sari Biologi. Bandung: Pustaka setia, 2007.
Sadiman, Arief S. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada,1996.
Sabri Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching, 2007.
Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Syafaruddin dan Nasution Irwan. Manajemen Pembelajaran. Medan: Quantum Teaching, 2005.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.