PENGEMBANGAN BAHAN AJAR RIDDLE STORY BOOK MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA KELAS XI SMU

  • Sulmita Sari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yusuf Tahir UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berbasis riddle story. Dilatarbelakangi oleh hasil penelitian awal yang menunjukkan bahwa buku paket kurang menarik dan membuat siswa bosan menggunakannya dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau researh and development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti dan menghasilkan produk tertentu serta menguji efektifitas penggunaan produk tersebut untuk mencapai tujuan. Proses penelitiannya berusaha mendapatkan gambaran tentang bahan bejar yang digunakan siswa dan pengembangannya mengacu pada model pengembangan 4D yang dikolaborasikan dengan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian ini focus kepada deskripsi kebutuhan siswa terhadap bahan ajar, proses pengembangan dan keefektifan bahan ajar dalam mengantar siswa menguasai kompetensinya. Data hasil penelitian ini dianalisis secara kualitatif untuk menguji bahan ajar ini sehingga memenuhi kriteria layak pakai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Asrijal. 2016. Biologi Umum. Makassar: Alauddin University.

Atmazaki. 2003. “Teka-teki dalam Bahasa Minangkabau, suatu Tinjauan Psikolinguistik.” Bahtera, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,Vol.2 No.3, Januari. Padang: Universitas Negeri Padang.

Brunvand, Jan Harold. 1998. The Study of American Folklore: An Introduction. Norton.

Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia; Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: Grafiti Pers.

Fitriany, Rizka Ayu Mei dan Herawati Susilo. 2013. ”Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi dan Cara Pemecahannya dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Guru Kelas X SMA Negeri Se-Kota Lamongan.” Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang.

Hamidy, U. U. 1995. Kamus Antropologi Dialek Melayu Rantau Kuantan, Riau. Riau: Unri Press.

Jordan-Smith, Paul. 2004. “Riddles: Perspectives on the Use, Function, and Change in a Folklore Genre.” Journal of American Folklore; 117, 464. Amerika: Arts & Humanities Database.

Mustafa, Fahim. Agar Anak Anda Gemar Membaca. Jakarta: Hikmah Kelompok Mizan

Ningsih, Ayu Gustia, Atmazaki dan R., Syahrul. 2013. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Teka-Teki Siswa Kelas X MAS-TI Tabek Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota.” Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 3, Oktober. Padang: Universitas Negeri Padang.

Noss, Philip A. 2006. “Gabaya Riddles in Changing Times.” Research in African Literatures; 37. 2. Amerika: Arts & Humanities Database.

Schiller, Pam. 2005. 20 Tips Start Smart Memompa Kecerdasan Sejak Dini. Terj. Damaring Tiyas W. Jakarta: Erlangga.

Suartika, K., I. B. Arnyana, dan G A. Setiawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA.” E-Journal Program

Sutopo, Ariesto Hadi dan Adrianus Arief. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2007. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thompson, George. 1999. “Riddles and Enigmas.” Journal of the American Oriental Society; 199, 2. Amerika: Arts & Humanities Database.

Wahyudi, Benny Satria, Hariyadi, Slamet dan Hariani, Sulifah Aprilya. 2014. ”Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso.” Pancaran, Vol. 3, No. 3, Agustus. Jember: Universitas Jember

Yusuf T,, M., Muhammad Rusydi Rasyid, M. Rapi. “Efisiensi Pembelajaran PAI melalui Kegiatan Perbaikan Kinerja Berkelanjutan pada Kelompok Kegiatan Guru PAI Kecamatan Rappocini Kota Makassar” Al-Qalam, Vol. 23 No. 2 (2016), h. 248 – 254, Kementerian Agama, Balai Penelitian dan Pengembangan Keagamaan Makassar.

Yusuf T., M. Teori Belajar dalam Praktek (Makassar, Alauddin Press, 2013).

Published
2018-06-30
How to Cite
Sari, S., Taufiq, A. U., & Tahir, M. Y. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR RIDDLE STORY BOOK MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA KELAS XI SMU. Jurnal Biotek, 6(1), 65-79. https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.5136
Section
Articles
Abstract viewed = 663 times