PENGARUH BI’AH AL-‘ARABIYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRIWATI PESANTREN AL-AMANAH LIABUKU KOTA BAUBAU

  • Ramsu Hasan
  • Kamaluddin Abu Nawas
    (ID)
  • Shabir U
    (ID)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lingkungan bahasa Arab (bi>’ah al-‘arabiyah) di Pondok Pesantren Al-Amanah, bagaimana keterampilan berbicara bahasa Arab santriwati Pesantren Al-Amanah, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan bahasa Arab terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab santriwati Pondok Pesantren Al-Amanah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kuntitatif. Sumber data penelitian ini adalah dewan guru serta santriwati Pesantren Al-Amanah. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner, tes lisan serta dokumentasi. Teknik pengolahan datanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistik dan selanjutnya menggunakan regresi untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa parstisipasi terhadap lingkungan bahasa Arab dalam kategori sedang dengan presentase 66 % dari 50 responden,. Sedangkan kemampuan Bahasa arab santriwati juga dalam kategori sedang dengan pencapaian 68 % dari hasil tes lisan yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil uji t sebesar 7,995, signifikan pada 0,000 < 0,05 dengan persamaan Y ̂= 94,942+ 0,270 X. Hal ini menunjukkan bahwa H_0 ditolak, atau H_1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan berbahasa Arab berpengaruh terhadap kemampuan berbicara santriwati di pondok Pesantren Al-Amanah Kecamatan Bungi Kota Baubau.

References

‘Abd al-Wahid Wafi, al-Lugah wa al-Mujtama’ (Cairo: Dar Al-Nahdah, 1997).

A.G. Van Hamel, Sejarah Ilmu Bahasa, diterjemahkan oleh Willie Koen (Flores: Nusa Indah, 1972).

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.

Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pendidikan Bahasa Arab (Malang: Misykat, 2005), h. 22.

Ahmad Isa Anshori, Pembudayaan Bahasa Arab di Pondok Pesantren “Nurul Haromain” Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang: Telaah Penumbuhan Biah Arabiyyah (Lingkungan Kearaban,1995), h. 2.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pendidikannya; Beberapa Pokok Pikiran, (Yogyakarta: Pustaka Peserta didik, 2002).

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pendidikannya; Beberapa Pokok Pikiran.

Azyumarid Azra, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Cet II ; Jakarta: Logos wacana Ilmu, 2000).

Departemen Agama RI, Pola Pengembangan Pondok Pesantren (t.tp., t.th.).

Kementerian Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Ummul Quran, 2017).

Kementerian Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahnya.

M. Roqib, Bahasa Arab Dalam Perspektif Gender (Malang: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikannya, 2004).

Naif Ma’ruf, Khasais al-Lugah al-‘Arabiyyah wa Tariq Tadrisiha (Beirut: Dar al-Nafais, 2005).

Rian Prakasa Yusuf, “Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi” ryanprakarsayusuf123.blogspot.com. 15 Januari 2013. http://ryanprakarsayusuf123.blogspot.com. (4 April 2015).

Samsuri, Analisis Bahasa (Jakarta : Gelora Aksara Pratama, 2008).

Sulastri, Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Thematic Video Pada Keterampilan Berbicara Bagi Peserta didik Kelas Viii MTs, Journal of Arabic Learning and Teaching.

Tim comunity, Bahasa dan Sastra Ensiklomini Pengetahuan Populer (Bandung: Tinta Emas, 2010).

Wa Muna, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Yogyakarta: Teras, 2011).

Published
2019-09-03
How to Cite
Hasan, R., Nawas, K. A., & U, S. (2019). PENGARUH BI’AH AL-‘ARABIYAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRIWATI PESANTREN AL-AMANAH LIABUKU KOTA BAUBAU. Jurnal Diskursus Islam, 7(2), 187-205. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i2.5612
Section
Artikel
Abstract viewed = 1408 times

Most read articles by the same author(s)