STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN DI WATAMPONE

  • Samsinar Samsinar
    (ID)

Abstract

Terciptanya jalinan komunikasi yang harmonis menjadi indikator suatu aktivitas atau proses pembelajaran itu berjalan dengan baik. Proses pembelajaran dapat berhasil dengan baik, manakala seorang guru mampu mengubah diri dan kesadaran siswa untuk belajar, sehingga pengalaman yang diperolehnya selama ia terlibat di dalam proses pembelajaran itu, dapat dirasakan manfaatnya secara langsung bagi perkembangan dirinya. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif. Penelitian ini disebut eksplanatif, karena login menggambarkan dan menjelaskan hubungan antar gejala atau antar fenomena atau variabel. Multiple intelligences atau disebut juga kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk diklasifikasikan menjadi tiga kecerdasan yang harus dikembangkan oleh manusia yaitu IQ (kecerdasan intelektual), EQ (kecerdasan emosional), dan SQ (kecerdasan spiritual). Strategi multiple intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone adalah suatu strategi pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone dengan memperhatikan keunikan pada diri siswa melalui berbagai potensi atau kecerdasan yang dimiliki siswa dan berbagai variasi cara belajar siswa. Implementasi strategi multiple intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone terfokus pada strategi kecerdasan linguistik/verbal,logis-matematis, visual-spasiaL kinestetik/jasmaniah, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan spiritual.

References

Agustin, Ary Ginanjar, ESQ (Emotional Spritual Quotient. Cet.XXXIII; Jakarta: Arga, 2007.

Ahmadi, Ahmad Rohani HM. dan Abu. Pengelolaan Pengajaran. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Emzir, Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

English, Evelyn William, Gift of Literacy for the Multiple Intelligences Classroom diterjemahkan oleh Fuad Ferdinan dengan judul Mengajar dengan Bmpati: Panduan Belajar Mengajar yang Tepat dan Menyelurub untuk Ruang Kelas dengan Kecerdasan Beragam. Cet. Ill; Bandung: Nuansa Cendekia, 2012.

Gaflar, M. Fakry, Konsep Dasar dan Esensi TQM dalam Implementasi Pendidikan. Makalah, IKIP Bandung : 2006.

Guigno, Anna, Multiple Intelligences: A liltmy fur Svtryom, by Education World, didownload pada tanggal 11 November 2009.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Cet. VII; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Iriyanto, H.D., Learning Melamorphialii: lltbat (Jurvnya DaPuyat Mwldnya. Cet. I; Jakarta: Erlangga, 2012.

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet. VII; Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2008.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab 19 Ayat 3.

Pungkasari, Dwi Hastuti, Strategi Pembelajaran Multiple Intelligence (MI) untuk Pencapaian Kompetensi dalam Pembelajaran http://dvwpungka.blogspot.com/201I/ll/strategi-pembelajaran-berbasis-multiple.html?m=l (25 April 2014).

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Cet. II; Ciputat: Ciputat Press, 2007.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. V; Jakarta: Kencana, 2008.

Strategi Pembelajaran Multiple Intelligence (MI) untuk Pencapaian Kompetensi dalam Phttp://meilina-jasmine.blogspot. com/2011/12/aplikasi-teknologi-dalam-pendidikan. html?m=l (25 April 2014)

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Cet. IV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Supriadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 1999.

Surakhmad, Winarno, Pendidikan Naslonal: Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas, 2009.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.

Tilaar, H.A.R., Membenahi Pendidikan Nasional. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Bab II Pasal 4.

Wena, Made, Strategi Pembelajaran InovatifKontemporer: Statu Tinjauan Konseptual Cjwnn/oflj/Jakarta: Bumi Aksara: 2011.

Published
2014-12-18
How to Cite
Samsinar, S. (2014). STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN DI WATAMPONE. Jurnal Diskursus Islam, 2(3), 379-408. https://doi.org/10.24252/jdi.v2i3.6537
Section
Artikel
Abstract viewed = 709 times