USLUB AL-INSYA DALAM QS. AL-MAIDAH (KAJIAN ANALISIS BALAGAH)

  • Marhaban Marhaban Program Magister Pascasarjana Prodi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rusydi Khalid
    (ID)
  • Amrah Kasim
    (ID)

Abstract

Artikel ini merupakan penilitian terhadap QS al-Maidah dengan memfokuskan kepada bentuk-bentuk analisis uslub insya dengan menjadikan disiplin ilmu balagah sebagai tolak ukur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode kualitatif melalui pendekatan bahasa yaitu kaidah bahasa Arab ilmu balagah untuk dianalisa dalam QS. al-Maidah. Pemilihan apsek ini menjadi fokus penelitian berangkat dari adanya fenomena pemisah kajian nahwu, sharaf dan balagah yang memiliki kemiripan pembahasan pada objek kajian uslub insya. Analisis terhadap qur’an surah al-Maidah tampak sangat memperhatikan makna yang terkandung dibalik uslub insya. Oleh sebab itu, penulis dalam mengkaji uslub tersebut tidak hanya melihat dari aspek struktur dan pola pembentukannya semata, akan tetapi lebih jauh mempertimbangkan aspek makna. Hasil penelitian ini, dapat dikemukakan bahwa uslub insya’  dalam Surat al-Maidah 68 ayat  yaitu  amar (perintah) 27, nahi (larangan) 14 ayat,  istifham (pertanyaan) 9, nida’ (panggilan) 16, dan tamanni (harapan) 2 ayat. Adapun  dilihat dari segi bentuknya,  ayat-ayat Surat al-Maidah terdapat berbagai bentuk uslub insya’ yang meliputi amar (perintah), nahi (larangan), istifham (pertanyaan), nida’ (panggilan), dan tamanni (harapan). Adapun dari segi makna uslub insya’ mempunyai makna haqiqi yaitu makna asli dan makna idhafi di antaranya adalah ta’jiz (melemahkan), iltimas (ungkapan kepada yang sebaya), tahdid (ancaman), irsyad (petunjuk), dan doa (permohonan), taubikh (menghina) dan taqrir (penegasan).

ABSTRACT

The purpose of this reseach is to analyse form and meaning of uslub insya’ in surah al-maidah. This reseach is using the descriptive method of content analysis. The procedur of data analysis includes tables and classification of uslub insya’. The result of this reseach reveals that there are 68 verses of uslub insya’  in surah al-Maidah. Those are amar (command) 27 verses, nahi (prohibition) 14 verses, istifham (question) 9 verses, nida’ (call) 16 verses, and tamanni (hope) 2 verses. According to its form, uslub insya’ in surah al-Maidah has several forms including amar (command), nahi (prohibition), istifham (question), nida’ (call), and tamanni (hope). Based on the meaning, uslub insya’ has two meanings. The first is denotative (haqiqi) and the second is connotative (idhafi). Denotative means the sentence expression does not have a certain purpose, while connotative means the sentence has a certain purpose depends on the context and the situation expressed by the sentence. The other meanings of uslub insya’  that can be found in the verses of surah al-maidah are ta’jiz (weaken), iltimas (expression to the same age), tahdid (threat), irsyad (guidance), doa (prayer), taubikh (insult), and taqrir (confirmation).


References

‘Aid Rajaa, Falsafah al-Balagah Baina al-Taqniyyah wa al-Tathawwur (Iskandaria: al-Ma’arif, t.th.).

Al-‘Allaf Adib, al-Bayan fi ‘Ulum al-Qur’an, Juz I (Cet. I; Damaskus: Maktabah al-Farabi, 1999).

Al-Ansariy Ibn Mansur Jamal al-Din Muhammad ibn Makram, Lisan al-‘Arab, Juz I (Mesir: Dar al-Kitab al-‘Arabiy, 1967).

Al-Baehaqiy Ahmad ibn al-Husain ibn ‘Ali ibn Musa Abu Bakr, Sunan al-Baehaqiy al-Kubra, Juz VI (Mekah: Maktabah Dar al-Baz, 1994).

Al-Baqillaniy Abu Bakr Muhammad Abu al-Tayyib, I’jaz al-Qur’an (Cet. IV; Kairo: Dar al-Ma’arif, t.th.).

Al-Fairuzabadi Majd al-Din Muhammad bin Ya’qub, al-Qamus al-Muhit Murattaban Tartiban Alfabaian Wifqa Awail al-Huruf, ed. Anas Muhammad as-Syami dan Zakariya Jabir Ahmad (Cairo: Dar al-Hadis, 2008).

Al-Hasyimi Ahmad, Jawahir al-Balagah al-Ma’ani wa al-Bayan wa al-Badi’ (Cet. XVIII; Indonesia: Maktabah Dar Ilhya’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, 1960).

Al-Hasyimi al-Sayyid Ahmad, al-Qawaid al-Asasiyyah fi al-Lugah al-‘Arabiyyah (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.th.).

Al-Hasyimiy al-Sayyid Ahmad, Jawahir al-Balagah (Beirut: Dar al-Fikr, 1994).

Al-Haufiy Ahmad Muhammad, al-Adab al-‘Arabiy wa Tarikhuhu (Kairo: Dar al-Ma’arif, 1977).

Al-Ja’fiy Muhammad ibn Isma’il Abu ‘Abdillah al-Bukhariy, Sahih al-Bukhariy, Juz IV (Cet. III; Beirut: Dar Ibn Kasir, 1987).

Al-Jamal ‘Abdul Mun’im, al-Tafsir al-Farid li al-Qur’an al-Majid, Jilid VII (tanpa data).

Al-Jarim Ali dan Mustafa Amin, al-Balagah al-Wadihah; al-Bayan, al-Ma’ani, al-Badi’ (Damaskus: Maktabah al-Asad, 1999).

Al-Jarim Ali dan Mustafa Amin, al-Balagah al-Wadihah (Cet. X; Mesir: Dar al-Ma’arif, 1951).

Al-Khaliq Rabi’iy Muhammad ‘Ali ‘Abd, al-Balagah al-‘Arabiyyah wasailuha wa Gayatuha fi al-Taswir al-Bayaniy (Alexandria: Dar al-Ma’rifah al-Jami’iyyah, 1989).

Al-Khuliy Amin, Asalib al-Lugah al-‘Arabiyyah, Volume II (Kairo: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1994).

Al-Maidani Abd. Al-Rahman Hasan Habannakah, al-Balagah al-‘Arabiyyah; Ususuha wa ‘Ulumuha wa Fununuha, Jilid I (Damaskus: Dar al-Qalam, 1996).

Al-Maragiy Ahmad Nustafa, Tarikh ‘Ulum al-Balagah wa al-Ta’rif bi Rijaliha (Cet. I; Kairo: Mustafa al-Babiy al-Halibiy wa Aula>duh, 1950).

Al-Munawwar Said Aqil dan Masykut Hakim, I’jaz Alquran dan Metodologi Tafsir (Cet XI; Semarang: Dina Utama, 2000).

Al-Nasaburiy Abi al-Hasan ‘Ali ibn Ahmad al-Wahidiy, Asbab al-Nuzul (Cet. II; Kairo Matba’ah Mustafa al-Bab al-Halabiy wa Awladuh, 1965).

Al-Qandaniy Abi Fatih Machfuzhi, Intisari Ilmu Balagah (Yogyakarta: Lentera Kreasindo, 2015).

Al-Qazwaini Al-Khatib, al-Idah fi Ulum al-Balagah, Syarah Dan Komentar Oleh Muhammad ‘Abd al-Mun’im Khalafaji, juz I.

Al-Rafi’iy Mustafa Sadiq, I’jaz al-Qur’an wa al-Balagah al-Nabawiyyah (Cet. VIII; Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabiy, t.th.).

Al- Subhiy Muhammad ‘Ali, al-Mu’allaqat al-Asyr (Beirut: Dar al-Fikr, 1978).

Al-Syafi’iy Ahmad ibn ‘Ali ibn Hajar Abu al-Fadl al-‘Asqalaniy, Fats al-Bari, Juz VIII (Beirut: Dar al-‘Ilmiyyah, 1978).

Al-Sya’rawiy Muhammad Mutawalli, Mu’jizat al-Qur’an, Kitab I (Kairo: Maktabah al-Turas al-Islamiy, t.th).

Al-Zamakhsyariy Jarullah Abu al-Qasim Mahmud ibn ‘Umar, Asas al-Balagah (Beirut : Da>r al-Fikr, 1989).

Al-Zarkasyiy Al-Imam Badar al-Din Muhammad Ibnu Abdullah (selanjutnya disebut al-Zarkasyiy), al-Burhan fi Ulum al-Qur’an, Juz III.

Al-Zarqaniy Muhammad Abd al-‘Azim, Manahil al-‘Irfan fi Ulum al-Qur’an, Juz II (Cet.I Beirut: Dar al-Ilhya al-Turaa al-‘Arabiy).

Amin Bakri Syekh, al-Ta’bir al-fanniy fi al-Qur’an (Cet II; Beirut: Dar al-Syuruq, 1994).

Ashhiddiqi Hasbi dkk, Al-Qur’an dan terjemahannya Kedalam Bahasa Indonesia. (Arab Saudi: Riyad, 1971).

Badara Aris ,Wacana Teori Metode dan Penerapannya pada Wacana Media, (Cet. III; Jakarta: Kencana, 2014).

Brown Yule dan Gillianm, Analisis Wacana (Jakarta: Gramedia 1996).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus besar Bahasa Indonesia, Edisi II (Cet. III; Jakarta Balai Pustaka, 1994), h 37.

Dud Rabih, al-Balagah ‘inda al-Mufassirin hatta Nihayat al-Qarn al-Rabi’ al-Hijriy (Cet. I; Kairo: Dar al-Fajr li al-Nasyr wa al-Tauzi’, 1997).

Echols John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia (Cet. XXIII;Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996).

Hasan ‘Abdullah ‘Ali Muhammad, al-Bahs al-Balagiy wa Marahil Tathawwuri (Cet.I; Kairo: Matba’ah al-Amanah, 1993).

‘Id Raja’, Falsafah al-Balagah Baena al-Taqniyah wa al-Tatawwur (Cet. II; Alexandria: Mansya’ah al-Ma’arif, t.th.).

Isma’il Muhammad Bakr, Dirasah fi Ulum al-Qur’an (Cet. I; Kairo: Dar Nahdah Misr fi al-tiba’ah wa al-Nasyr, t.th.).

Katib Mulla, Kasyf al-Zunun, Volume II (Kairo: Dar al-Tiba’ah al-Misriyyah, 274 H).

Khaldun Abd Rahman Ibn, Muqaddimah (Cet. IV; Beirut: t.tp., t. th.).

Mardalis, Metode Penelitian (suatu Pendekatan Proposal) (Cet. IX; Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2007).

Musa Muhammad Abu , al-Balagah al-Qur’aniyyah fi Tafsir al-Zamaksyari wa Asaruha fi al-Dirasat al-Balagiyyah (Cet. II; Kairo: Maktabah Wahbah, 1988).

Muslim Mustafa, Mabahis fi I’jaz al-Qur’an (Cet. III; Damaskus: Dar al-Qalam, 1999).

Qalqilah Abduh Abd al-Aziz, al-Balagat al-Istilahiyyat (Cet. III; Cairo: Dar al-Fikr al-Arabi, 1992).

Qutb Sayyid, al-Thaswir al-Fanniy fi al-Qur’an (Kairo: Dar al-Ma’arif, 1976).

R. Ilham Khoiri, Alquran dan Kaligrafi Arab (Cet. XX; Jakarta: Logos, 2001).

Salih Abd al-Quddus Abu dan Ahmad Taufiq Kulai, ‘Ilm al-Bayan (Cet. I: Saudi Arabia: Idarat Tatawwur al-Khutat wa al-Manahij Jami’ah al-Imam Muhammad ibn Su’ud al-Islamiyyah, 1406 H.).

Shihab M. Quraish, Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. (Cet. IX, Vol. 3; Jakarta: Lentera Hati, 2007).

Sibawayh, al-Kitab, di-tahqiq oleh ‘ Abd al-sala>m Muhammad Harun, Volume III (Beirut: Dar al-Jil, t.th.).

Soejono dan H. Abdurrahman, Metode Penilitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1999).

Titscher Stefan dkk., “Method of Text and Discorse Analysis”, diterjemahkan oleh Ghazali dkk., dengan judul Metode Analisis Teks dan Wacana (Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Wahbah Majdi dan Kamil al-Muhandis, Mu’jam al-Mustalahat al- Arabiyyah fi al-Lugati wa al-Adab (Cet. II; Beirut: Maktabah Lunan, 1984.

Zainuddin Mamat dan Yayasan Nurbayan, Pengantar Ilmu Balagah (Bandung: RefikaAditama, 2007).

Published
2018-11-25
How to Cite
Marhaban, M., Khalid, R., & Kasim, A. (2018). USLUB AL-INSYA DALAM QS. AL-MAIDAH (KAJIAN ANALISIS BALAGAH). Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 562-578. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6557
Section
Artikel
Abstract viewed = 3626 times