PELAKSANAAN QUALITY CONTROL PROSES PEMBELAJARAN PADA PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR

  • Ahmad Yani
    (ID)
  • Azhar Arsyad
    (ID)
  • Syamsudduha Syamsudduha
    (ID)
  • Arifuddin S
    (ID)

Abstract

Hasil penelitian terkait quality control terhadap proses pembelajaran menunjukkan bahwa pelaksanaan quality control pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran telah dilaksanakan sesuai standar yang ditetapkan baik internal maupun berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi (SNPT), dengan indikator tersedianya program tahunan maupun semester, dan kalender akademik yang menjadi acuan dalam proses pembelajaran, penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran, dan tersedianya RPS/Silabus. Adapun program yang dilakukan Pascasarjana terkait dengan quality control, yakni: 1) pelaksanaan rapat edukasi setiap awal tahun akademik berjalan yang bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah terlaksana sekaligus mendengarkan masukan-masukan dan aspirasi dosen dalam rangka peningkatan mutu dan proses penyelenggaraan pendidikan, 2) control terhadap kehadiran dosen kegiatan pembelajaran, 3) control pelaksanaan tugas dosen dengan mekanisme penilaian course evaluation survey yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik, 3) control yang dilakukan oleh pengelola program studi terkait dengan terhadap pelaksanaan pembelajaran baik secara langsung di ruangan, maupun melalui absensi setelah perkuliahan dilaksanakan, 4) control yang dilakukan oleh ketua program studi terkait kesesuaian materi yang diberikan oleh dosen dengan silabi yang telah dibuat dan disetujui melalui instrumen jurnal perkuliahan, 5) kontrol pelaksanaan evaluasi terkait ujian yang dilaksanakan baik ujian semester maupun ujian lainnya seperti ujian kualifikasi proposal, hasil tutup maupun ujian terbuka (promosi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan quality control di Pascasarjana Universitas Islam Alauddin Makassar dilaksanakan dengan menerapkan konsep mutu yang lebih mengacu pada standar-standar, baik itu standar nasional pendidikan tinggi maupun standar mutu internal yang ditetapkan olen lembaga, dan belum sepenuhnya mempertimbangkan kebutuhan pasar serta keinginan konsumen (stakeholders). Hal ini menguatkan teori mutu yang dikemukakan oleh Philip B. Crosby yang menyatakan bahwa mutu adalah kesesuaian dengan yang dipersyaratkan/distandarkan. Penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi terhadap upaya peningkatan mutu layanan administrasi akademik melalui penguatan sistem dan kebijakan pengelolaan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya.

Arifin M., Kapita Selekta Pendidikan Islam ,Jakarta; Bulan Bintang, 1999.

Azhar Arsyad, Pokok Pokok Manajemen: Pengetahuan Praktis bagi Pimpinan dan Eksekutif.

Edward Sallis, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan; Peran Strategi Pendidikan di Era Globalisasi Modern, terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fachrurrozi, Yogyakarta, Ircisod, 2010.

Effendy, Mochtar, Manajemen: Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam, Cet. Kedua: Jakarta; Bhratara Niaga Media: 1996.

Fremont E. Kast dan James E. Rosenzwing, Oganizing and Management. Diterjemahkan oleh A. Hasjmi Ali dengan judul Organisasi dan Manajemen, Jilid II, Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

George R. Terry, Guide to Management, Edisi terjemahan dengan judul Prinsip-Prinsip Manajemen oleh J. Smith D.F.M Cetakan keenam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000.

George R. Terry, Principle of Management, 6th Edition; Georgetown: Richard D. Irwing Inc., 2002.

Jhon M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia 2005.

John Gage Allee, Websters Dictionary, Chicago, Wilcox & Folt Book Company, 2003.

Makbuloh, Deden, Manajemen Mutu Pendidikan Islam; Model Pengembangan Teori dan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Moh. Kasiram, Metodologi Penelitian Kualittatif-Kuantitatif Malang; UIN Malang Press, 2008.

Nasution, M. Nur, Manajemen Mutu Terpadu Manajemen Mutu Terpadu, Total Quality Management.

Nasution, M. Nur, Manajemen Mutu Terpadu Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Ketiga Cet. Pertama; Bogor; Ghalia Indonesia, 2015.

Nata, Abudddin, Pendidikan dalam Persfektif Al-Qur’an, Cet. I Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Bab I Pasal 3, Cet. VI; Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2014.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Bab III Pasal 4 ayat 6.

Robert Kritiner, Management, 4th Edition; Boston: Houghton Mifflin Company, 2009.

Siraj, Arifuddin, Manajemen, Cet. II: Makassar; Alauddin Press Makassar, 2008.

Siswanto. Pengantar Manajemen, Jakarta. Penerbit Bumi Aksara, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Syafaruddin. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan; Konsep, Strategi, dan Aplikasi, h. 29.

Syukron, Buyung, Implementasi Manajemen Mutu Terpadu: Studi Transformatif pada Perguruan Tinggi, Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 2, Agustus 2016.

Umiarso & Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan: Menjual Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Quality Control bagi Pelaku Lembaga Pendidikan, Cetakan II; Jogajakarta; IRCiSoD, 2011.

Usman, Husaini Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Edisi Ketiga, Cet. 2; Jakarta; Bumi Aksara, 2010.

Published
2018-12-29
How to Cite
Yani, A., Arsyad, A., Syamsudduha, S., & S, A. (2018). PELAKSANAAN QUALITY CONTROL PROSES PEMBELAJARAN PADA PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 579-600. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6739
Section
Artikel
Abstract viewed = 748 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>