PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH KABUPATEN SIGI
Abstract
Tulisan ini akan mengurai tentang penerapan supervisi akademik pengawas Pendidikan pada Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan lokasi di Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi Propinsi Sulawesi Tengah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normatif dan yuridis formal. Sumber data primer adalah data yang berasal dari pengawas, guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, kepala madrasah, dan peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen panduan observasi, acuan dokumentasi dan pedoman wawancara. Data diolah dan dianalisis dengan analisis deduktif, komparatif dan verifikasi data. Data diuji keabsahannya dengan presistent observation dan uji tringgulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan pada Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi berjalan dengan baik karena (1) pengawas memiliki kemampuan merencakan supervisi akademik yang meliputi keseluruhan proses pemikiran dan penentuan cara yang matang dari kegiatan-kegiatan yang akan dikerjakan dalam melakukan supervisi akademik, dalam rangka pencapaian tujuan khususnya untuk pembinaan profesional guru di madrasah; dan (2) kemampuan pengawas telah pengoptimalan pelaksanaan supervisi akademik melalui supervisi individu dan kelompok yang sangat membantu kematangan profesional Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliah Kabupaten Sigi dimana sebagai pembimbingan kepada guru dalam menyusun silabus dan RPP; memilih dan menerapkan metode pembelajaran, mengelola menggunakan media pembelajaran, dan pembimbingan melaksnakan evaluasi pembelajaran.
References
Gunawan, Ary, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan Cet. II; Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001.
Kasman, ”Model Supervisi Individu dan Kelompok dalam Supervisi Pembelajaran”, Al-Buhust, Malang: Jurnal Penelitian, 2010.
Kastomo, E., Supervisi Pendidikan, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2007.
Makawimbang, Jerry, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2011.
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Cet. XII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Pidarta, Made, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI Sistem Pendidikan Nasional Nomor. 20 Tahun 2003.
Sahertian, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Sahertian, Piet A., Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan, Cet. I; Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Soemanto Wasty, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Cet. V: Malang: Bumi Aksara, 2002.
Syaefuddin, Supervisi Pendidikan, Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Syaiful Sagala, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan; Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Belajar yang Bermutu, Cet. II; Bandung: CV. Alfabeta, 2010.
Sumber Wawancara
Agustina, Kepala Madrasah Aliyah DDI Lonja Kabupaten Sigi
Asma, Kepala Madrasah Aliyah Al-Khairaat Pulu Dolo Kabupaten Sigi.
Aspan, Kepala Madrasah Aliyah Al-Muhibba Soulowe Kabupaten Sigi
Darmawati, Guru Fikih, Madrasah Aliyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi.
Farhan, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi,
Farhana Azzahra, Guru Al-Qur’an Hadis, Madrasah Aliyah Wumbulangi Kabupaten Sigi.
Fildan Ahmad, Guru Akidah Akhlak, Madrasah Aliyah Al-Muhibba Soulowe Kabupaten Sigi
Fitriani, Kepala Madrasah Aliyah, al-Khairaat Kabeloa Pewunu Kabupaten Sigi
Ismail Syam, Guru Akidah Akhlak, Madrasah Aliyah al-Khairaat Kabeloa Pewunu Kabupaten Sigi
Kamaruddin, Guru Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Al-Khairaat Sibalaya Kabupaten Sigi.
Muhazzab, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi
Rajamuddin, Guru Fikih, Madrasah Aliyah Al-Khairaat Pulu Dolo Kabupaten Sigi.
Rukyan Hamid, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi.
Taif Talib, Kepala Madrasah Aliyah Al-Khairaat Sibalaya Kabupaten Sigi.
Usman, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi.
Wahab Badry, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah Kabupaten Sigi.
Zubair, Kepala Madrasah Aliyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).