KONTRIBUSI ORANG TUA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 325 POLEWALIE KECAMATAN GILIRENG KABUPATEN WAJO
Abstract
Tulisan ini akan menyoroti tentang kontribusi orang tua di Sekolah Dasar Negeri 325 Polewalie Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan lokasi penelitian pada Sekolah Dasar Negeri 325 Polewalie Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis dan psikologis. Data diperoleh melalui metode wawancara dan dokumentasi dengan instrumen penelitian adalah pedoman wawancara dan alat dokumentasi seperti kamera dan flasdish. Aktifitas dalam analisis meliputi reduksi data (data reduction), penunjukan data (display daya) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verificatiori). Data diuji keabsahannya dengan cara melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi yang mencakup triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi antara orang tua dan pendidik dalam meningkatkan prestasi belajar dapat meningkatkan belajar anak di sekolah , sangat ditentukan oleh kerja sama orang tua dan pendidik karena pedidikan merupakan usaha untuk mendewasakan orang yang belum dewasa sehingga mampu berdiri sendiri sebagai manusia dewasa yang penuh ilmu pengetahuan. Sebagai implikasi dari penelitian ini, orang tua lebih memperhatikan potensi dan kreativitas yang dimiliki anak dan memberikan dukungan dan motivasi kepada anak dengan menciptakan suasana pembelajaran dirumah yang dapat mengasah potensi dan kreativitas pada anak.
References
Aly, Hary Hoer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lobos Wacana Ilmu, 2009.
Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2007.
Hamdani, Dasar-dasar Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia. 2011.
Harini, Sri, Mendidik Anak Sejak Dini, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2003.
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.
Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam dalam Menghadapai Abad ke 21, Jakarta: Pustaka Al Husna. 2008.
Maunah, Binti, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2009.
Moeliono, Anton, Kamus besar bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1989.
Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT Bina Ilmu, 2004.
Rakhmat, Jalaludin, Islami Alternatif Ceramah-Ceramah Dikampus, Bandung: Mizan, 1993.
Shochib, Moh, Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Suryabrata, Sumadi, , Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.
Syah, Muhhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Yusuf, Nursyamsiyah, Ilmu Pendidikan, Tulungagung : Pusat Penerbitan dan Publikasi, 2000.
Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Sumber Wawancara
Abd. Rahman orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Andi Intang, pendidik Kelas III, Wawancara, di SDN 325 Polewalie.
Darnawati, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Hanafizah, kepala SDN 325 Polewalie, Wawancara, di ruangan kepala sekolah.
Hasnawati, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Herlina, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Isia, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah
Jumerang, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah
Muh. Saleng, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Muh. Yusuf, orang tua peserta didik, Wawancara, di kediaman Muh. Yusuf.
Munawarah, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Nelly, Pendidik Kelas VI SDN Polewalie, Wawancara, di Ruang Guru.
Nirwana, Pendidik Kelas IV SDN Polewalie, Wawancara, di Ruang Kelas IV
Nunggu, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Nurmiati, Pendidik Kelas I SDN 325 Polewalie, Wawancara, di Ruang Kelas I.
Parmi, pendidik Kelas III, Wawancara, di SDN 325 Polewalie.
Rusli, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Rusman, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah
Samsu, orang tua peserta didik SDN 325 Polewalie, Wawancara, di rumah.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).