WUJUD KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH ALIYAH BULUKUNYI POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

  • Thahirah Thahirah
    (ID)
  • Arifuddin Siraj
    (ID)
  • Wahyuddin Naro
    (ID)

Abstract

Tulisan ini mencoba mengungkapkan tentang wujud kompetensi manajereial kepala madrasah dalam upaya peningkatan mutu Madrasah Aliyah Bulukunyi Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif dengan lokasi penelitian bertempat di Madrasah Aliyah Bulukunyi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogik, sosiologis, filosofis, teologis normatif, dan yuridis. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah Aliyah Bulukunyi Guru-Guru, Tenaga Kependidikan, dan Masyarakat sekitar Madrasah Aliyah Bulukunyi. Sedangkan sumber sekunder adalah seluruh atau sebahagian dari literatur dan dokumen yang memberikan informasi tentang bagaimana karakteristi kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Bulukunyi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi (obsrevation sheet atau observation schedule), dan pedoman wawancara (interview guide). Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahap pengecekan kredibilatas data dengan teknik perssistent observation, Triangulasi (Triagulation), member check dan referential adequacy check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial Kepala Madrasah Aliyah Bulukunyi ditunjukkan melalui a) perencanaan kegiatan yang matang dan sesuai kebutuhan Madrasah. b) Kemampuan kepala Madrasah dalam mensukseskan semua kegiatan yang telah direncanakan. c) Kemampuan Kepala Madrasah yang sangat baik dalam melakukan koordinasi dalam kegiatan di Madrasah. d) Monitoring dilakukan saat dibutuhkan dan berjalan harmonis. e) Kepala Madrasah melibatkan stake holder dalam melakukan penilaian untuk mendapatkan keterangan yang tepat.

References

Arcaro, J. S., Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Terj. Yosal Iriantara, Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Bush, Tony dan Mariannecoleman, Leadership dan Strategic Management In Education Manajamen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, terj. Fahrurrozi Yogyakarta: IRCISOD, 2006.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Petunjuk Administrasi Sekolah Menengah Umum (Jakarta: Proyek Pembinaan Sarana Prasarana Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sarana Pendidikan, 1996-1997.

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia, 1987.

Fatah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

., Menjadi Kepala Sekolah Profesional Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2006.

Rivai, Veithzal, Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2004.

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, Terjemahan Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCiSoD, 2006.

Siagian, Sondang P., Filsafat Administrasi Jakarta: Mas Agung, 1980.

Siraj, Arifuddin, Supervisi Akademik Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Soepardi, Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan, Jakarta: P2LPTK, 1998.

Soetopo, Hendiyat dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan Jakarta: Bina Akasara, 1988.

Stephens, Robbins D, Prilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi. San Diego State University, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Prenhallindo.

Sugiono, Perspektif Manajemen Pendidikan, Cet. II; Yogyakarta, 2014.

Uno, Hamzah B., Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Usman, Husain, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

Uwes, Sanusi, Manajamen Pengembangan Mutu Dosen Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya Jakarta: Rajawali Pers, 2001.

Yamin, Martinis dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran Jakarta: Gaung Persada, 2009.

Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Problem Sosial Cet. III; Yogyakarta: PustakaPelajar, 2006.

Sumber Wawancara

Suriani, S. Pd, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Madrasah Aliyah Bulukunyi Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.

Hasbullah, S.Pd.I, Wakil Kepala Madrasah Madrasah Aliyah Bulukunyi Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.

Rosniati, S.Pd, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Bulukunyi Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.

Kasmi, S.Pd, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah Bulukunyi. Hasri Dewi, S.Pd.I, Guru Bidang Studi Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Bulukunyi.

Hartati, SH, Operator Madrasah Aliyah Bulukunyi Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.

Published
2016-12-30
How to Cite
Thahirah, T., Siraj, A., & Naro, W. (2016). WUJUD KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH ALIYAH BULUKUNYI POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 450-467. https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7322
Section
Artikel
Abstract viewed = 271 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>