Desain Sistem Informasi Harga Pangan Realtime Sebagai Instrumen Kebijakan Pengendalian Inflasi Daerah

Main Article Content

Rahman Rahman
Sri Wahyuni

Abstract

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan juga masyarakat umum membutuhkan rujukan informasi harga pangan yang terpercaya sekaligus mudah diakses. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem informasi pangan untuk mendukung kerja pengendalian inflasi daerah yang telah menjadi program pemerintah. Sistem dikembangkan dengan mengacu pada standar kebutuhan pemantauan harga pangan oleh Tim Pengendalian Inflasi Provinsi Sulawesi Selatan. Arsitektur sistem memanfaatkan teknologi Cloud Computing dengan membangun jaringan Sistem Database dan Web Server virtual (virtual server) pada jaringan cloud. Arsitektur server database berbasis cloud berfungsi sebagai pusat data yang bisa diakses dari beragam antarmuka dari platform berbeda. pada tahap awal penelitian, sistem dibangun dengan 3 antarmuka akses ke server pusat data yaitu melalui aplikasi web akses publik (Front-End), akses operator/administrator (Back- End) dan aplikasi Android yang juga bersifat publik. Sistem berjalan baik dalam menampilkan data harga per komoditas, statistik harga bulanan, metadata harga dan akses pengelolaan sistem oleh administrator. Sistem Informasi Harga Pangan sebagai produk penelitian akan memberi kontribusi langsung bagaimana menyelesaikan pemantauan hargadari cara manual menggunakan struktur sistem database server. Arsitektur sistem menggunakan teknologi cloud untuk implementasi sistem data-sentral bertujuan untuk menekan biaya. Model ini dapat menjadi rujukan bagi sistem serupa yang membutuhkan suatu implementasi data sentral yang handal dan berbiaya murah.

Kata Kunci: Sistem Informasi, TPID, Cloud Computing, Web Server, Database System, Front-End, Back- End, Virtual Server.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Rahman and S. Wahyuni, “Desain Sistem Informasi Harga Pangan Realtime Sebagai Instrumen Kebijakan Pengendalian Inflasi Daerah”, INSYPRO, vol. 2, no. 2, 1.
Section
Vol. 2, No. 2

References

Napitupulu, Darmawan Baginda. 2008. Sistem Informasi Pelatihan Koperasi Uji Mutu Berbasis Web. Tangerang, Indonesia.
Nuraeni, Yeni. 2010. Perancangan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Bidang Sumber Daya Manusia. Jakarta, Indonesia.
Maulana, Miftahul dan Indra Sensure. 2011. Perancangan
Strategis Sistem Informasi: Studi Kasus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Departemen Agama RI. Jakarta, Indonesia.
Ibrahim, Ali. 2011. Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Tugas Akhir Berbasis Short Message
Service (SMS) Gateway di Fasilkom Unsri. Universitas Sriwijaya, Surabaya, Indonesia.
Saragih, Hoga dkk. 2012. Pengembangan Sistem Informasi Distribusi Informasi Sekolah Melalui SMS Gateway dengan Zachman Framework. Pontianak, Indonesia.
Lim, H. S. dan Wahidah Husain. 2014. A Study on Cloud Computing Adoption in E-Business. Universiti Sains Malaysia, Malaysia.
Purwasih, Nurzaitun dan Dana Indra Sensure. 2014. Pengembangan Strategi Manajemen Pengetahuan Untuk Mendukung Pelaksanaan Reformasi Birokrasi: Sebuah Studi Kasus Di Kementerian Perindustrian. Universitas Indonesia, Indonesia.
Gaol, Chr.Jimmy L. 2008. Sistem Informasi Manajemen : Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset.
Jogiyanto, H.M. 1997. Sistem Komputer. Yogyakarta : BPFE.
Budiyanto, Eko. 2002.
Geografis Menggunakan Arcview GIS. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Kroenke, David M. 2005. Database Processing. Bandung : Erlangga. Nugroho “ Pemrograman Berorientasi Objek”, Buletin Jendela
Informatika, vol 1 no 5, th 2000.
Ramakrishnan, Raghu dan Johannes Gehrke. 2004. Sistem Manajemen
Database. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Velte, A. T., Velte, T. J., and Elsenpeter, R. 2010. Cloud Computing:
A Practical
Companies.